Ekonomi & Bisnis

Selaras Citra Nusantara Perkasa dan Donlim Tiongkok Mulai Ekspor Home Appliances ke AS

ILUSTRASI: Alat rumah tangga berupa termos nasi, kompos gas, kipas angin dan vacuum cleaner di Gogo Supermarket Bengkong Kampung Seraya, Batam, Senin 5 April 2021. F Suprizal Tanjung, Batam Pos

batampos.id – Upaya dari PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) dengan menggandeng raksasa elektronik asal Tiongkok Guangdong Xinbao (Donlim) membentuk perusahaan manufakturing yang memproduksi peralatan rumah tangga mulai membuahkan hasil. Perusahaan join venture PT Selaras Donlim Indonesia (SDI) kini mulai melakukan ekspor produk home appliances ke Amerika Serikat.

“Satu kebanggaan bagi kami, di tengah pandemi, perusahaan mampu melakukan ekspor ke Amerika Serikat,” ujar Direktur Operasional SCNP Shirly Effendy di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Selasa (21/4).

Hingga Maret 2021 , PT SDI telah mengekspor sekitar 65 ribu unit vacuum cleaner ke USA. Hingga akhir 2021, perseroan telah mempersiapkan infrastruktur manufaktur dengan membangun sejumlah assembly line production yang akan dioptimalkan penggunaannya dalam rangka mass production vacuum cleaner sebanyak 2.2 juta unit.

Advertisement

“Dari ekspor ini kita harapkan memberi kontribusi pendapatan sekitar Rp 800 miliar,” imbuh Shirly.

Dia mengungkapkan bahwa perusahaan masih akan fokus mengisi pasar Amerika Serikat karena telah memiliki jaringan pemasaran yang cukup baik di sana.

“Kita berharap dalam 4 atau lima tahun ke depan, ekspor cavuum cleaner ke Amerika Serikat bisa meningkat menjadi Rp 1 triliun.

Kenaikan itu, katanya, kebutuhan produk vacuum cleaner sangat besar di Amerika Serikat. Secara global, market size vacuum cleaner tahun 2021 adalah sebesar Rp 161 triliun. Dari nilai tersebut, pasar Amerika Serikat sendiri untuk vacuum cleaner mencapai Rp 70 triliun atau 43.5% pangsa pasar.

Sepanjang 2020 hingga awal kuartal 2021, perseroan melakukan pengembangan infrastruktur dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi perseroan dan subsidiari, termasuk ekspor untuk memenuhi tuntutan permintaan pasar perangkat home appliances tersebut ke USA. Perseroan gencar melakukan terobosan baik dari sisi market supply maupun dari sisi demand.

BACA JUGA: Mudah, Belanja Peralatan Rumah Tangga melalui Smartphone

Dalam perencanaan bisnis hingga 2025, SCNP menetapkan target nilai omzet perseroan secara progresif. Selain kontribusi devisa, perseroan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi sejumlah 600 orang tenaga kerja lokal.

Bupati Kabupaten Bogor Ade M. Yasin ke SCNP dalam kunjungan ke unit produksi PT SDI memberi apresiasi atas langkah perusahaan yang mampu menyerap devisa dari penjualan ekspor dan mampu menyerap tenaga kerja di sekitar lokasi pabrik.Ade Yasin menyatakan bahwa Pemerintah selaku fasilitator dari aspek kebijakan dan regulasi akan terus mendukung industri manufaktur domestik agar bisa lebih produktif/kontributif bagi perekonomian nasional.

SCNP optimistis bahwa perekonomian akan kembali pulih secara bertahap. Dengan adanya dukungan nyata dari Pemerintah, proses pemulihan ekonomi dan industri domestik tentunya akan berlangsung lebih cepat. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung