Zetizen

Mulus dan Praktis dengan Waxing di Rumah

Batampos.id – MESKI kegiatan hanya dilakukan di rumah, tidak berarti kita jadi tidak terlalu peduli untuk merawat tubuh. Salah satu bentuk perawatan yang kerap dilewatkan adalah aktivitas waxing atau melakukan pembersihan bulu-bulu di area tubuh. Waxing bermanfaat untuk menjaga kebersihan tubuh, terutama untuk mengangkat sel kulit mati. Supaya waxing di rumahmu bisa mendapatkan hasil maksimal, perhatikan beberapa langkah berikut ini dan selamat menerapkan di rumah! (c12/mel)

Step 1 : Memilih Produk Wax

Langkah awal yang penting sebelum memulai waxing adalah memilih wax yang tepat sesuai kebutuhan maupun preferensi. Dewasa ini, kita bisa menemukan wax dengan berbagai bentuk, mulai sugar wax, wax pot, hingga wax strip. Setiap wax memiliki fungsi yang maksimal apabila digunakan sesuai dengan area yang butuh untuk di-waxing.

Nathalie Eleni, seorang make-up artist dan beauty expert, membeberkan beberapa tip mengenai pemilihan wax. Melansir dari Harpers Bazaar, Eleni mengungkapkan bahwa waxing strip cocok digunakan untuk waxing area tubuh yang terbuka dan mudah dijangkau seperti di kaki dan tangan. Namun, wax strip tidak cocok digunakan untuk waxing area intim. Selanjutnya, ada wax pot yang direkomendasikan Eleni untuk mencabut bulu di daerah sensitif seperti ketiak dan wajah.

Advertisement

Terakhir, ada sugar wax. ”Wax yang satu ini sangat cocok untuk pemula yang baru saja mulai untuk mencoba waxing. Praktis dan bisa digunakan dalam satu tarikan dengan menggunakan wax strip. Tapi, wax strip berisiko mengakibatkan kulit iritasi atau sensasi terbakar untuk pemilik kulit sensitif,’’ tutur Eleni kepada Harpers Bazaar.

Step 2: Preparations

Sebelum melakukan waxing dengan produk wax yang ditentukan, pastikan kamu juga melakukan persiapan untuk kulitmu agar tidak mengalami iritasi atau luka yang tidak diinginkan. Pastikan untuk mencuci bersih area yang akan di-waxing dengan menggunakan sabun dan keringkan.

Jangan gunakan produk wax saat kulit dalam kondisi basah atau lembap. Pastikan juga untuk membaca instruksi step waxing di produk wax agar mendapat hasil waxing yang maksimal.

Step 3: Waktunya Waxing!

Produk wax seperti sugar wax biasanya menyarankan penggunanya untuk mengoleskan bagian yang hendak di-wax untuk diberi bedak tabur terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk melicinkan dan mengurangi risiko kulit kemerahan ketika olesan sugar wax dicabut dengan menggunakan wax strip.
Ketika menggunakan sugar wax, oleskan dalam satu arah secara merata, lalu letakkan wax strip di atasnya. Tekan wax strip secara perlahan agar seluruh sugar wax bisa menempel secara sempurna untuk mencabut bulu. Setelah selesai, tarik wax strip secara cepat dengan arah berlawanan pertumbuhan bulu.

Step 4: Post-wax Care

Setelah selesai melakukan waxing, kamu bisa mengoleskan pelembap seperti Aloe vera gel untuk memberikan efek menenangkan pada kulit yang telah di-waxing. Hindari membersihkan kulit dengan menggunakan air temperatur panas atau hangat. Untuk menghindari gesekan, gunakan pakaian dengan bahan yang loose atau gombrong.

ADA tiga tipe waxing yang biasa dilakukan di salon, tapi memungkinkan juga untuk dilakukan di rumah. Tiga tipe tersebut adalah:

Waxing yang satu ini menggunakan waxing yang bentuknya semipadat dengan temperatur yang dingin. Metode ini biasa dipilih para pemula untuk meminimalkan rasa sakit.

Sesuai dengan namanya, produk waxing yang digunakan akan memiliki temperatur yang panas. Hasil dari waxing dengan metode ini biasanya akan lebih akurat dan presisi sehingga cocok untuk waxing di area yang kecil seperti waxing alis.

Waxing yang satu ini bekerja layaknya masker peel off yang apabila telah mengeras, kita bisa membersihkannya secara perlahan dan bulu-bulu akan ikut tercabut setelahnya.

ZETS OF THE DAY

”Tipe Waxing Favorit”

Reporter : Diella Marfika Tama
Editor : Ummy Kalsum

Waxing bermanfaat untuk menjaga kebersihan tubuh, terutama mengangkat sel kulit mati. Ada tiga tipe waxing yang bisa dilakukan di rumah lho! Yaitu cold waxing, hot waxing, dan hard waxing. Nah, tipe waxing apa yang menjadi favoritnya teman millenial kita? Yuk simak (*)

F. Dok. Pribadi

Dina Fadila Putri
Politeknik Negeri Batam
Instagram : @dilaaa_fp

Di antara cold waxing, hot waxing, dan hard waxing. Tipe waxing favorit saya yang cold waxing, karena menurut saya cold waxing lebih aman digunakan, lilin yang dipakai untuk cold wax lebih dingin, mudah digunakan, tidak berantakan, tidak terlalu sakit, dan persiapannya tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Tipe ini lebih cocok buat yang punya rambut tidak terlalu lebat.

F. Dok. Pribadi

Dilla Yunizar
MAN Batam
Instagram : @dillayunizar_

Menurut pendapat dan pengalaman saya adalah ketika di rumah lebih bagus menggunakan cold waxing, karena cold waxing bisa dikatakan lebih ramah dan jika digunakan tidak begitu berantakan dan juga tidak memakan waktu ketika dipakai tapi cold waxing sendiri memiliki kekurangan yaitu bulu yang ada tidak merekat secara keseluruhan dan dapat menyebabkan iritasi. Namun, untuk masalah waxing sendiri itu tergantung kepada pengguna lebih nyaman menggunakan type yang mana.