Zetizen

Your Next Book to Read

Batampos.id – WAH, udah April nih! Nggak terasa 2021 udah memasuki bulan keempat. Itu berarti sudah cukup lama juga kita berada di rumah, mengisolasi diri dari persebaran Covid-19. Selain nonton film dan serial TV, ada baiknya kegiatanmu diselingi baca buku. Mulai heart-fluttering romcom untuk Hari Valentine sampai immerse fantasy yang membuat kita lupa akan dunia nyata, nih rekomendasi buku young adult (YA) buat kamu! (rat/c12)

Love in English – Maria E. Andreu

Goodreads

Ana adalah seorang gadis remaja yang suka menulis puisi karena kecintaannya terhadap bahasa. Sayang, sejak dia pindah dari Argentina ke New Jersey, Amerika Serikat, dia seperti kehilangan kata-kata untuk mengekspresikan perasaannya.

Awalnya, Ana selalu ingin pulang. Kemudian dia bertemu Harrison, cowok yang Amerika banget dan supercute. Saat itulah dia mengenali bahasa universal dari hati yang berdebar. Tapi, saat dia mulai menghabiskan banyak waktu dengan Neo, cowok Greek Cypriot dari ESL, Ana bingung dengan keinginan hatinya yang bahkan lebih mem­bingungkan dari belajar grammar. There are no rules when it comes to love. Dengan bahasa yang playful dan poetic, Love in English membawakan kisah indah dan bagaimana seseorang sampai disebut ”American.’’

Advertisement

A Taste for Love – Jennifer Yen

Amazon

Di sekolah, Liza Yang dianggap cewek sempurna. Dia pintar, baik hati, cantik, dan tidak mudah menyerah. Tapi, menurut sang ibu, Liza itu keras kepala, nakal, dan suka melawan nilai-nilai tradisional ibunya tentang pacaran. Tapi, mereka berdua suka baking.

Mrs. Yang punya toko kue terkenal. Mengingat sebentar lagi kuliah, Liza setuju membantu sang ibu untuk kompetisi bakery. Tapi, saat Liza datang pada hari pertama kompetisi, dia sadar bahwa semua kontestan adalah cowok Asia-Amerika yang sudah dipilihkan ibunya untuk dikencani sang anak. Liza merasa situasi memburuk saat dia mulai jatuh cinta pada salah seorang kontestan, James Wong. Dia adalah cowok kaku yang annoyingly hot. Saat berusaha melawan perasaannya terhadap James, Liza sadar bahwa tidak ada resep yang pasti untuk cinta.

Goodreads

The Desolations of Devil’s Acre – Ransom Riggs (*Buku terakhir serial Miss Peregrine’s Peculiar Children)

Hal terakhir yang dilihat Jacob Portman sebelum dunia gelap gulita adalah sebuah wajah yang mengerikan, tapi cukup familier. Tiba-tiba dia dan Noor kembali ke tempat di mana semuanya bermula, yakni rumah sang kakek. Jacob tidak tahu bagaimana mereka bisa lolos dari lingkaran V dan terdampar di Florida. Tapi, satu hal yang dia tahu, Caul sudah kembali.

Setelah berjuang melewati para tentara yang haus darah, Jacob dan Noor akhirnya bertemu dengan Miss Peregrine dan anak-anak peculiar-nya di Devil’s Acre. Tempat itu dikelilingi lapisan abu, darah, dan tulang yang menandakan berkumpulnya pasukan Caul. Bangkit dari Library of Souls dan lebih kuat dari sebelumnya, Caul dan rencana jahatnya seperti tak terhentikan. Hanya ada satu harapan, yakni mengantar Noor ke tempat pertemuan Seven Prophesied. Tapi, hanya kalau mereka bisa mengetahui lokasi rahasianya.

The Gilded Ones – Namina Forma

Amazon

Sejak berusia 16 tahun, Deka hidup dalam bayang-bayang ketakutan dan antisipasi terhadap upacara darah yang akan menentukan apakah dia bisa diterima di desanya. Tumbuh besar dengan intuisi yang berbeda dari yang lain, Deka berharap darahnya berwarna merah agar dia nggak merasa terasingkan. Tapi, ternyata darahnya berwarna emas yang menandakan impurity sehingga Deka akan menghadapi konsekuensi yang lebih buruk dari kematian.

Lalu, seorang wanita misterius memberi Deka pilihan: tetap tinggal di desa dan menerima konsekuensinya atau pergi dan bertarung sebagai tentara wanita yang melawan kerajaan. Mengingat hidupnya terancam jika tetap di sana, Deka memutuskan pergi. Sepanjang perjalanannya menuju ibu kota dan berlatih menghadapi peperangan, Deka akan menemukan banyak kejutan di balik dinding ibu kota. Tidak ada yang tampak seperti kelihatannya.

ZETS OF THE DAY

”Rekomen Buku Buku Terbaik”

Reporter : SONIA NOVI
Editor : UMY KALSUM

KALAU kita membahas mengenai buku, sudah pasti banyak sekali buku buku terbaru yang kita ketahui! apalagi untuk anak millenial yang gemar membaca buku, NAH yuk intip terkait buku buku terbaik apa saja yang pernah dibaca anak millenial! (*).

F. Dok. Pribadi

Rizky dharmawan
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Instagram : @rizkydharmawan93

Untuk saya sendiri saya merekomendasikan anak millenial membaca buku ”Habis Gelap, Terbitlah Terang” yang dimana untuk kutipan yang dapat saya ambil dari kesimpulan buku tersebut adalah kita tidak boleh mengeluh karena jika kita mengeluh maka hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang. karena yang kita ketahuia banyak sekali kalangan anak millenial yang sering mengeluh terkait apapun itu, jadi untuk saya merokemendasikan judul buku tersebut untuk teman teman sekalian membacanya. (*)

Nadia Putri Yudani
MAN BATAM
Instagram: @naadiapy

Pendapat dari saya sendiri itu saya menyukai dan merekomendasikan untuk anak millenial membaca buku yang berjudul ”Reach Your Dream” boleh juga tuh min. cocok banget dibaca sama kalangan remaja kaya saya yang lagi bingung atau gak yakin sama mimpinya. (*)

F. Dok. Pribadi

Samuel Butar-Butar
Politeknik Negeri Batam
Instagram : @bsamuelbutar

Kalau di tanya buku rekomen terbaik, saya lebih suka baca buku puisi, salah satu contohnya yaitu buku yang judulnya perjamuan khong guan karyanya Joko Pinurbo, bukunya itu kayak puisi gitu yang mengangkat tema tentang kaleng khong guan, buku ini sangat menarik karena beberapa puisinya mengangkat tentang siapa sih sosok bapak dari kaleng khong guan.

Ini banyak menceritakan tentang hal-hal yang terjadi di kehidupan sehari-hari, jadi erat banget sama kehidupan saat ini dan di setiap puisinya itu banyak majas personifikasi yang bikin sindiran nya itu ngena banget ketika baca puisinya dan di kaleng yang ketiga ini menarik banget jadi banyak mengangkat tentang sosok minah, judulnya juga pasti ada kata-kata minahnya sperti lahirnya minah, rumahnya minah, sekolah minah dan tangis minah, sampai demam minah, lalu siapa sih minah itu ?
minah itu adalah sosok perempuan kutu buku aku akan kasih liat beberapa puisinya yang menurutku menarik yang ada di halaman 96. Ini pusinya :

jaman terus berubah, bikin rumit kepala minah
ponsel sudah bisa digunakan untuk membuat agama baru
menu dosa makin bervariasi
tenang, jangan mau kalah
masa depan cinta akan cerah
dan minah masih suka berleha-leha bersama buku diberanda
memperhatikan mata langit mulai mengantuk
menyaksikan alam, memperbarui senja
mengajak Tuhan berbahagia.

dan pada kaleng ke empat di sini banyak yang mengangkat tentang khong guan, nah klimaksnya ada di kaleng keempat ini karena banyak sekali puisi-puisinya yang memakai kata khong guan dan kalau kamu penasaran pengen baca puisinya kamu bisa beli di Gramedia, nah secara keseluruhan buku puisi ini sangat menghibur dan pas banget buat dijadikan bacaan selingan setelah baca buku lainnya. (*)