Covid-19

Tekan Lonjakan Covid-19, PMI Batam Bagikan 1.000 Masker dan 2.000 Vitamin

Relawan PMI Kota Batam membagikan masker dan vitamiin di pusat keramaian di di Pasar Mega Legenda, Sabtu (24/4). (Dok PMI Kota Batam)

batampos.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam bersama relawan PMI terus membantu pemerintah menekan lonjakan pandemi Covid-19 di Kota Batam dengan cara membagikan 1.000 masker dan 2.000 vitamin untuk masyarakat Batam di pusat keramaian.

Pembagian masker dan vitamin mulai didistribusikan di Pasar Mega Legenda, Sabtu (24/4) sore. Pembagian dilakukan di empat titik pusat keramaian yang diawali di Pasar Mega Legenda, pusat jajanan Golden Prawn, Pasar Cahaya Garden, dan Taman Dang Anom. “Kegiatan ini dilaksanakan sore hari, menjelang waktu buka puasa,” kata Ketua PMI Batam Ny Sri Soedarsono, Sabtu (24/4).

Menurutnya, PMI Kota Batam akan terus memberikan edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat yang lengah dan masih abai dengan hal tersebut. Tak hanya menggelar diseminasi di pusat keramaian, PMI Batam juga membagikan masker dan vitamin kepada masyarakat untuk menekan laju penyebaran virus Covid-19 yang akhir-akhir ini kembali melonjak.

Advertisement

Dikatakannya, PMI Batam selalu berupaya untuk saling bahu-membahu bersama pemerintah dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 di Kota Batam. Perempuan yang kerap disapa dengan panggilan eyang Dar ini, juga tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan di berbagai aktivitas. “Karena dengan disipin dalam protokol kesehatan, kita dapat menekan laju penyebaran wabah ini,” lanjutnya.

Sekretaris PMI Batam Asmin Patros menambahkan, PMI Kota Batam telah mendistribusikan hampir 10.000 masker medis untuk masyarakat Batam, dan terus melakukan edukasi kesehatan yang telah menjangkau hampir dari 2.000 jiwa.

Para relawan PMI foto bersama di depan Gedung PMI Kota Batam sebelum membagikan masker  dan vitamin di beberapa titik keramain di Kota Batam, Sabtu (24/4). (Dok PMI Kota Batam)

Dan sebagai respon dengan situasi terkini, Asmin mengatakan ada 1.000 masker dan 2.000 vitamin yang akan didistribusikan kepada masyarakat Batam pada pusat-pusat keramaian, seperti pasar dan bazaar.

Masker dan vitamin juga dibagikan kepada masyarakat resiko tinggi seperti ojek online, sopir, dan pedagang pasar, tambahnya. Selain itu, penyemprotan Disinfektan tetap rutin dilaksanakan di pemukiman warga, rumah ibadah dan fasilitas umum.

Dalam operasi pencegahan dan penanggulangan covid-19 ini, relawan PMI menjadi ujung tombak pelayanan PMI Batam di lapangan.

Ketua KSR PMI Unit Markas PMI Batam, Mandha Subhika, menyampaikan banyak suka duka yang dialami tiap relawan PMI, yang melakukan pelayanan dalam penanggulangan penyebaran virus corona. Namun, relawan PMI Batam tetap semangat dan berjibaku untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat meski hari libur.

Aktivitas yang penuh resiko ini dilakukan dengan penuh pengabdian, sebagai komitmen dan ikhtiar untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Kota Batam. “Mari taat dan patuhi Protokol Kesehatan, dengan 4 M, Selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari keramaian,” Ajak Mandha.

Mandha juga mengajak warga untuk mematuhi imbauan pemerintah, untuk tak perlu takut beraktivitas di luar rumah, asalkan menerapkan protokol kesehatan. (*)

Editor: Jamil