Home

Lapor Pak Walikota, Kalau Hujan, Pemukiman Kami Masih Banjir

Banjir di perumahan Sumberido,Tanjunguncang, Sabtu (23/4/20221). (f.dalil/batampos.id)

batampos.id – Ratusan rumah terendam banjir di perumahan Putra Jaya Residence RT 09 RW 15, Tanjunguncang, Batuaji. “Asal hujan perumahan kami ini selalu terendam banjir di RT 09 RW 15. Ratusan rumah terendam bahkan ada yang masuk kedalam rumah. Kasur basah, perelatan elektronik ikut terendam”, ujar Ketua RT 09 RW 15 perumahan Putra Jaya Residence, Iwan Kurniawan, Sabtu (23/4/2021).

BACA JUGA: Sampah Banyak di Dainase, Jalan dan Pemukiman Kembali Terendam Banjir saat Hujan

Masih kata Iwan, terjadinya banjir ini parit perumahan dan drainasenya terlalu kecil. Ditambah lagi kiriman air yang begitu deras jadi parit dan drainase tidak bisa menampung debit air tersebut.

Advertisement

perumahan Putra Kelana

Kondisi seperti ini sudah bertahun – tahun kami alami. Asal hujan pasti banjir. Lebih susahnya lagi atau menakutkan bila malam hari. Kami mau kemana tidur dan mengungsi. Kejadian ini sudah kami lapor ke Lurah dan Kecamat sebagai pemerintah. Tetapi sampai sekarang tak ada responnya. Dan Lurah sama Camat tak ada turun liat warganya, sebut ketua RT 09 Putra Jaya tersebut.

Kalau dilihat permasalahan banjir ini cukup lebarkan parit dan drainase lalu pasang gorong- gorong keknya tak banjir lagi, tandasnya.

Perumahan Marina Green

Lurah Tanjunguncang, Anwaruddin mengatakan kita sudah cek dan turun ke lokasi pukul 08.00 Wib pagi tadi. Kita dari kelurahan turut prihatin. Kita akan cari solusi tercepat. Parit akan kita lebarkan dan didalamkan.

Kita sudah koordinasikan dengan Dinas Bina Marga. Foto dan Vidio sudah kita kirim. Dan sekalian sama parit antara Sumberindo dan Marina Gran akan kita keruk dan jangka panjangnya akan kita bangun batu miring, ujarnya.

“Pengerjaan awalnya akan kita keruk. Mana yang menyumbat atau menghambat akan kita bereskan kita ratakan. Nanti selanjutnya akan kita koordinasikan ke pak Camat dan Dinas lalu ke Walikota. Setelah itu kita akan duduk bersama kita undang RT/RW nya, kata mantan guru ini.

Disinggung soal jalan row 30 antara zingpower sampai Marina Gren, Barelang dan Marina Garden, Sumberindo sampai ke Marina View ia mengatakan, akan kita bersihkan setelah lebaran. Setelah itu akan dikerjakan jalan umum oleh Dinas Bina Marga.

” Kadis Bina Marga dan Sumberdaya Air Kota Batam, Yumasnur didampingi Camat Batuaji, Ridwan Afandi sudah meninjau jalan tersebut sebelum puasa lalu, ujarnya.

Masih kata Anwaruddin, nanti parit akan dilebarkan bangunan akan diratakan setelah itu akan di pasang gorong -gorong dan kita akan pasang juga later U antara Sumberindo ke Marina View, sebutnya.

“Jadi Central Raya, Barelang, Marina Garden, Marina Gren, Sumberindo, Marina View dan sekitarnya akan bebas banjir. Sabar saja warganya dan perangkat RT/RW nya”, sebut mantan Lurah Ngenang ini.

Jalan Brigjen Katamso simpang bascamp

Pantauan batampos.id di jalan Brigjen Katamso sebelum simpang bascamp juga banjir. Drainase tersumbat dan meluap ke jalan raya. Motor pada mogok dan terjadi macet panjang. (*)

Reporter : Dalil Harahap
Editor : Tunggul