Ekonomi & Bisnis

Samsung Smart EcoBuble Dilengkapi Kecerdasan Buatan, Solusi Tepat Mencuci Pintar

TAMPILAN mesin cuci Samsung Smart EcoBubble yang kini telah hadir di Indonesia. F Samsung Electronics Indonesia

batampos.id – Perusahaan elekronik terkenal asal Korea Selatan, Samsung menghadir­kan produk terbarunya di Indonesia, yakni mesin cuci Samsung Smart EcoBuble. Produk anyar ini hadir sebagai solusi tepat mencuci pintar bagi para ibu rumah tangga di Tanah Air karena sudah dibekali teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan fitur canggih lainnya.

Dilengkapi dengan teknologi AI, Samsung pun mengklaim perangkat ini akan semakin memudahkan kehidupan para penggunanya di rumah.

”Perkembangan teknologi saat ini makin pesat. Samsung berpikir saatnya menghadirkannya ke dalam kehidupan rumah tangga. Maka kami memilih mengaplikasikannya ke dalam mesin cuci,” ujar Senior Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia bidang Home Appliances, Hendry Wijaya kepada jawapos.com (grup Batam Pos,red) di Jakarta, Kamis (22/4).

Advertisement

Mesin cuci Samsung Smart EcoBubble Washer menghadirkan panel yang simpel dan mudah dioperasikan. Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengendalikan perangkat pencuci tersebut dengan smartphone mereka.

Hendry menyampaikan, pembatasan sosial dan meningkatnya waktu yang dihabiskan di rumah setiap hari di masa pandemi maupun new normal mendorong pembagian kerja rumah tangga yang fleksibel.

”Samsung Smart EcoBubble Washer menghadirkan panel yang simpel dan mudah dioperasikan, sekaligus memanfaatkan AI untuk pencucian yang intuitif,” ujarnya.

Dia menyebutkan, pengguna tidak perlu lagi bingung memilih mode dan lama pencucian, AI Pattern akan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi sesuai kebiasaan penggunanya, sehingga menghasilkan cucian yang bersih sekaligus juga hemat daya.

Dalam kehadirannya, Samsung Smart EcoBubble Washer mengusung inovasi khas Samsung EcoBubble yang mencampur air dan deterjen menjadi busa mikro sehingga lebih cepat menembus serat kain dan menghilangkan kotoran dengan mudah.

EcoBubble juga tetap efektif walaupun pencucian dilakukan dalam air dingin (hingga 15 derajat Celsius).

Tak hanya canggih dengan fitur AI dan kontrol smartphone, mesin cuci ini juga diklaim hemat energi karenatidak perlu lagi menggunakan air panas.
Memiliki AI Control Panel, mesin cuci ini hanya menampilkan tombol utama dan sejumlah informasi yang relevan, misalnya status pencucian atau notifikasi error.

Terdapat pula AI Pattern yang akan mempelajari siklus dan pengaturan yang pernah dipilih lalu setelah 25 kali penggunaan akan otomatis memprioritaskannya untuk cepat diakses di panel kontrol.

Jadi, pengguna cukup tekan Start, tak perlu repot mengatur setting mesin cuci dari awal. AI Pattern juga mampu merekomendasikan siklus tertentu berdasarkan pembelajaran terhadap siklus pencucian sebelumnya pada hari-hari tertentu dalam seminggu atau pada waktu tertentu.

Mesin cuci ini juga dapat dioperasikan melalui aplikasi SmartThings di ponsel. Pada saat konsumen tidak berdekatan dengan mesin cuci mereka, mereka dapat memonitor pencucian sambil mengerjakan hal lain seperti menuntaskan pekerjaan kantor yang sudah mendekati deadline, membantu anak belajar atau mengurus kebutuhan bayi.

SmartThings juga menyajikan fitur Laundry Recipe, rekomendasi pencucian yang paling sesuai berdasarkan jenis pakaian yang dicuci.

Dan satu lagi inovasi menarik, tersedia Laundry Planner untuk memulai dan mengakhiri pencucian kapan pun Anda inginkan sehingga cucian tidak akan berbau atau kusut karena ditinggal terlalu lama dan tidak segera dibilas dan dikeringkan.
Kecanggihan lain yang ditawarkan adalah mesin cuci ini yang dikatakan mudah perawatannya. Kendati merawat mesin cuci bukanlah hal yang rutin, Samsung mempermudah pengguna dengan menghadirkan fitur-fitur yang membuat mesin cuci seakan merawat dan membersihkan dirinya sendiri.

BACA JUGA: Samsung Galaxy A52 dan A72 Bisa Diajak Nyelam

Pembersihan mesin cuci dapat dilakukan lewat Drum Clean+. Fitur ini akan membersihkan bagian dalam mesin cuci dan menghilangkan 99,9 persen bakteri penyebab bau dengan semburan air yang kuat dan putaran yang cepat tanpa membutuhkan bahan kimia apapun.

Semburan air dan putaran cepat ini akan menghilangkan kotoran di sekitar karet pintu sehingga karet pintu selalu bersih dan segar. Agar seisi mesin cuci tetap bersih, terdapat Stay Clean Drawer yang memastikan deterjen terkirim ke dalam tabung dengan maksimal. Sehingga pencucian pakaian benar-benar optimal dan tidak ada deterjen yang terbuang percuma di drawer.

Samsung Smart EcoBubble Washer telah tersedia dalam kapasitas 7 kg, 8 kg, 9 kg, 9,5 kg, 11 kg. Di Indonesia, produk ini dibanderol dengan harga Rp 6.499.000 hingga Rp 13.999.000. Ke depan, produk ini juga akan hadir dengan kapasitas lebih besar yakni 21 kg. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung