Zetizen

Abadikan Momen dengan Scrapbook

Batampos.id – PERNAH kehilangan foto atau memori penting di HP? Sayang banget ya kalau kenangan itu jadi hilang gitu aja. Nah, kerajinan tangan satu ini bisa jadi alternatif pilihan untuk menyimpan foto-fotomu, loh. Dijamin nggak bakal hilang dan fotomu akan jadi lebih cantik. Yup, scrapbook dikenal dengan membuat hal indah dari komponen-komponen sederhana di sekitar kita. Penasaran dengan keunikan scrapbook? Yuk, kita simak!

Scrapbook adalah foto yang didekorasi dengan menggunakan gambar-gambar hiasan di sekelilingnya untuk mengabadikan suatu momen tertentu.

”Misalnya, waktu kita pulang liburan, kita mau mengabadikan foto liburan kita dalam bentuk scrapbook. Kalau kamu kreasikan menjadi scrapbook, fotomu akan jadi lebih indah dan cantik ketika dilihat,” tutur Alvita Angela Hentika, scrapbook enthusiast yang akrab disapa Ella.

Advertisement

Scrapbook sendiri nggak hanya berupa album, bisa berbentuk pigura, kartu, atau boks yang membuatnya semakin tampak menarik. Desain scrapbook bisa disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Karena itu, scrapbook juga sering kali dipakai sebagai kado untuk berbagai event seperti ulang tahun, anniversary, dan graduation.

Foto-foto: Alvita Angela for zetizen

”Waktu memulai bikin scrapbook, pasti akan terasa susah dan bingung, tapi tenang aja kok, lama-lama bikin ketagihan, hehe. Apalagi kalau bikin scrapbook buat kado, itu punya kesan ’niat’ tersendiri,” ungkap salah satu anggota dari Scrapbook Island.

Alat dan bahan untuk membuat scrapbook juga mudah ditemukan. Kamu bisa memanfaatkan barang di sekitar sekreatif mungkin, misalnya kertas bekas majalah, koran, dan kardus.

”Membuat scrapbook bisa kamu mulai dengan menentukan model dan tema scrapbook. Untuk memilih tema, kamu bisa pertimbangkan scrapbook ini mau diberikan untuk siapa dan untuk apa. Jangan lupa tambahkan gambar hiasan pendukung kesukaan mereka supaya lebih personal,” tutur Ella.

Foto-foto: Alvita Angela for zetizen

Yang perlu kamu siapkan adalah alat kerajinan sederhana seperti gunting, cutter, lem, kertas, foto, isolasi penimbul, dan hiasan-hiasan lainnya. Kalau kamu mau buat scrapbook berbentuk album, jangan lupa siapkan pelubang kertas dan ring untuk menyatukan tiap lembarnya.

”Aku biasanya pakai beberapa alat dan bahan khusus untuk mempermudah pengerjaan. Ada gunting khusus yang ujungnya lancip supaya kalau menggunting kertas itu lebih enak dan lancar. Ada juga lem khusus supaya hasilnya nggak menguning. Tapi, semua itu nggak wajib kok!” jelasnya.

Foto-foto: Alvita Angela for zetizen

Jenis kertas yang sering digunakan untuk membuat scrapbook biasanya kertas scrapbook, kertas karton manila, kertas yang di-custom laser print, dan kertas kado. Kertas scrapbook nggak mudah menguning walau disimpan lama dan biasanya berukuran 12 x 12 inci. Banyaknya kertas yang kamu pakai akan dipengaruhi sama desain scrapbook yang ingin kamu buat. Misalnya nih, kalau buat scrapbook bentuk frame, kamu cukup menyiapkan 1 lembar.

”Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan waktu bikin scrapbook. Pertama, saat menggunting itu harus benar-benar rapi. Soalnya, kalau nggak rapi, hasilnya kurang maksimal. Kedua, ketika menempel dengan lem, lemnya juga jangan keluar-keluar ya, soalnya akan terlihat berantakan,” pesan Ella.
Setiap detail kecil wajib kamu perhatikan agar mendapatkan hasil yang bagus dan menjadi kado yang nggak terlupakan. Selamat berkreasi! (elv/c13/lai)

Scrapbooking jadi hobi banyak orang sejak dulu. Tahu nggak kalau scrapbook itu punya banyak manfaat? Yups! Selain untuk kado dan menyimpan kenangan kamu, ternyata bikin scrapbook itu juga punya banyak manfaat untuk tubuh. Wah, kira-kira apa aja ya manfaatnya? (elv/c13/lai)

Bikin scrapbook bisa bikin tubuh dan pikiranmu rileks. Sebab, scrapbooking terbukti bisa mengurangi anxiety dan stres loh! Jadi, waktu lagi stres karena sekolah atau pekerjaan, kamu bisa take a break dengan membuat scrapbook. Apalagi, alat dan bahannya mudah ditemuin, jadi nggak perlu bingung untuk menyiapkan bahannya. Menyelesaikan scrapbook kayak ada satisfaction-nya gitu.

Di balik setiap scrapbook pasti ada cerita tersendiri. Setiap foto dan elemen yang dipakai untuk scrapbooking ternyata punya maknanya masing-masing. Scrapbooking ini memang pas banget untuk menyampaikan perasaan kamu ketika nggak bisa menyampaikannya dengan kata-kata. Wah, bisa nih buat media menyam­paikan perasaan ke gebetan, hehe.

Karena scrapbook itu punya banyak detail kecil, kamu akan terlatih untuk fokus dengan tiap detail dan elemen yang kamu buat. Mengerjakan scrapbook akan membuatmu meninggalkan sesaat distraksi seperti notifikasi media sosial. Selain melatih fokus, kreativitasmu dalam membuat desain akan terasah. Sebab, dengan bahan sederhana, kamu bisa hasilkan scrapbook yang cantik dan menarik.

ZETS OF THE DAY

”Simpan Moment Menggunakan ScrapBook”

Reporter : Sonia Novi
Editor : Umy Kalsum

SUDAH tidak asing jika kita mendengar istilah scrapbook! ketika kita kehilangan foto atau memori penting di hp sudah pasti sayang banget bukan? Scrapbook ternyata berguna banget untuk menyimpan memori kenangan kita nih! Penasaran kan seperti apa tanggapan anak millenial terkait ini? Yuk intip! (*)

F. Dok. Pribadi

Astuti
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Instagram: @astutti__

Menurut saya scrapbook ini sebagai wadah tempat menyimpan segala sesuatu yang kita anggap penting dalam hidup kita yang bentuknya seperti memorabilia album, di dalamnya kita bisa menyimpan foto, catatan-catatan penting dan lain sebagainya.

Scrapbook juga bisa dipakai sebagai diary. Menyimpan kenangan dalam album khusus tentunya akan lebih menarik, terutama orang-orang yang memiliki jiwa seni pasti scrapbook-nya didesain sedemikian rupa sehingga menjadi lebih cantik. Hal ini juga bisa meningkatkan kreativitas dan inovasi kita. Scrapbook juga bisa digunakan sebagai hadiah ulang tahun atau hadiah pernikahan. Isinya bisa saja foto-foto bersama sahabat atau pre-wedding sang pengantin yang dihias. Atau juga untuk momen-momen lainnya.(*)

F. Dok. Pribadi

Agustinus Yofaris
STIE GALILEO BATAM
Instagram : @__ciisco

Menurut saya, simpan moment menggunakan scrapbook sangatlah penting. Sebab scrapbook sendiri tidak dapat menghilangkan atau merusak sendiri moment kita tersebut.

Beda halnya dengan teknologi yang kita gunakan sekarang, walapun teknologi sekarang dapat memberikan kemudahan bagi kita para penggunanya dalam menyimpan berbagai moment, baik itu penting ataupun yang lainnya, akan tetapi tidak dapat kita pungkiri, tak selamanya teknologi bisa dapat kita andalkan.

Adakalanya kita harus kehilangan moment-moment kita ketika teknologi tersebut terserang oleh virus, bahkan bisa saja teknologi tersebut mengalami kerusakan sehingga moment-moment yang belum sempat dipindahkan hilang seketika. Nah itulah mengapa penggunaan scrapbook sangatlah penting bagi kita.

Ketika moment tersebut hilang dari teknologi yang kita gunakan, kita masih bisa melihat dan mengaksesnya sampai kapanpun menggunakan scrapbook itu sendiri, dan adapun beberapa manfaat dari penggunaan scrapbook, menghilangkan stres, berpikir kreatif, menghargai sebuah momen, bentuk refleksi memahami diri sendiri, dan bisa sebagai hadiah.
Itulah alasannya mengapa penggunaan scrapbook sangatlah penting.(*)