Properti

Hidden Lighting untuk Interior Beri Nuansa Dramatis dan Homey

PENDAR cahaya yang muncul lewat hidden lighting memperindah area musala, ruang keluarga, kamar mandi, hingga kamar tidur. F. ALFIAN RIZAL/JAWA POS

batampos.id – Furnitur mewah, sudah. Wallpaper cantik, sudah. Tapi, mengapa ruangan terasa flat? Salah satunya mungkin karena kurangnya permainan lighting atau pencahayaan. Cobalah mengeksplorasi hidden lighting.

Rumah seluas 410 meter persegi di Sidoarjo, Jawa Timur, ini memiliki dominasi warna putih yang memberi kesan clean. Desainer interior Louise Marcel memadukan-nya dengan warna abu-abu dan cokelat muda yang diterapkan lewat wallpaper dan beberapa furnitur. Misalnya, sofa. Meski didominasi putih, rumah itu jauh dari kesan dingin dan kaku. Hal itu berkat permainan lighting yang cantik.

Menurut Marcel, pencahayaan ruangan bisa dibagi menjadi tiga jenis. Yakni, pencahayaan general, spot, dan hidden. Pencahayaan general berupa satu lampu di tengah yang memancarkan cahaya ke sebagian besar area ruangan. Spot lighting adalah pencahayaan yang menyorot area atau objek tertentu.

Advertisement

Lalu, hidden lighting merupakan jenis pencahayaan tersembunyi, hanya pendar lampunya yang memancar di balik objek tertentu. Marcel menerapkan ketiganya.

BACA JUGA: Sentuhan Jepang di Rumah Modern Masa Kini

Misalnya, di area ruang keluarga. Terdapat dua pencahayaan general pada bagian plafon. Kemudian, dipermanis dua spot lighting pada dindingnya. Dua lampu itu menyoroti objek berupa frame foto di atas dua side table di kanan dan kiri sofa.

Ruangan tersebut terasa dramatis berkat hidden lighting yang tersembunyi di balik background ruang tamu. Background itu punya motif serupa marmer yang dilukis dengan tangan. Hidden lighting sukses menjadikannya focal point ruangan itu.

Marcel melanjutkan, hidden lighting juga bisa menonjolkan area lekukan yang unik dalam interior. Dalam rumah tersebut, contohnya adalah dinding pada area musala. Yakni, terdapat lekukan berbentuk kubah masjid dengan kaligrafi lafaz Allah yang menarik.

’’Adanya hidden lighting membuatnya jadi focal point,’’ tandas owner Cozy Living tersebut. (*) 

Reporter : JP GROUP
Editor : Suprizal Tanjung