Total Football

Atalanta Main Imbang, Inter Milan Kunci Scudetto

Selebrasi suporter Inter MIlan usai memastikan gelar juara Serie A musim 2020/2021, di Piazza Duomo, Milan, Senin (3/5). (F. Piero Cruciatti/AFP)

batampos.id – Hasil imbang yang diraih Atalanta saat melawan Sasuolo, membuat Inter Milan resmi mengunci gelar juara Serie A musim 2020/2021. Inter Milan merengkuh scudetto pertama dalam 11 tahun terakhir.

Keberhasilan Nerazzurri ini sekaligus memutus dominasi Juventus dalam beberapa tahun terakhir. Keberhasilan Inter meraih scudetto dipengaruhi dua faktor penting.

Pertama, Inter menyegel tiga poin penting dengan mengalahkan Crotone 2-0 berkat gol-gol dari Christian Eriksen dan Achraf Hakimi, sehari sebelumnya. Kedua, hasil imbang 1-1 yang dipetik Atalanta saat bentrok dengan Sassuolo, Senin (3/5).

Advertisement

Secara matematis, perolehan 82 poin milik pasukan Antonio Conte di puncak klasifika sudah mustahil untuk dikejar para rival terdekat. Apalagi Serie A hanya menyisakan empat pertandingan lagi.

Dengan begitu, Inter sukses mengamankan Scudetto ke-19 atau gelar liga pertama dalam 11 tahun sejak musim treble winners fenomenal kala dikomandoi Jose Mourinho.

BACA JUGA: Inter Dipastikan Scudetto, Antonio Conte ungkap Momen Kunci Musim Ini

Inter sekaligus memutus hegemoni sang rival abadi, Juventus, yang dalam sembilan musim beruntun sebelumnya selalu keluar sebagai kampiun.

Sementara itu, hasil seri dengan Sassuolo membuat Atalanta kini menyimpan 69 poin. Perolehan Atalanta ini kian memanaskan persaingan berebut tempat di zona empat besar yang melibatkan AC Milan, Juventus, Napoli dan Lazio.

Atalanta sebetulnya bermain minus satu pemain sejak menit ke-22 menyusul kartu merah yang didapat Pierluigi Gollini.

Meski begitu, La Dea berhasil unggul lebih dulu lewat aksi Robin Gosens, menerima umpan akurat Ruslan Malinovskiy. Alih-alih menunda scudetto Inter, Atalanta kebobolan di babak kedua.

Memasuki menit ke-52, Sassuolo mendapatkan penalti. Domenico Berardi yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan sempurna. Skor 1-1 di Mapei Stadium bertahan sampai wasit meniup peliut panjang. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo