Metropolis

BP Batam Jamin Tes Swab hingga GeNose Steril dan Aman

Tenaga kesehatan Kota Batam melakukan usap swab tes PCR kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Rusun Pemko, Tanjunguncang, Batuaji, Kamis (29/4). Dilakukan swab covid-19 ini untuk memastikan bebas corono sebelum dipulangkan ke kampung halaman masing-masing. PMI ini dari negara Malaysia dan Singapura. (F Dalil Harahap/batampos.id)

batampos.id- Badan Pengusahaan (BP) Batam menjamin tes swab maupun antigen di bandara maupun rumah sakit yang dikelolanya aman dan steril. Hal ini berkaitan dengan penangkapan oknum petugas dalam pemeriksaan swab antigen bekas di Bandara Kualanamu, Medan beberapa waktu yang lalu. “Dengan ini, pemeriksaaan PCR, swab antigen dan antibodi serta GeNose di Bandara Hang Nadim, Klinik Baloi dan RSBP Batam steril dan aman,” kata Direktur RSBP Batam, Afdhalun Hakim, Minggu (2/5/2021).

BACA JUGA: Semua Pelabuhan Harus Dilengkapi GeNose

Afdalun menjelaskan bahwa petugas yang melaksanakan swab PCR, rapid antigen dan antibodi hingga GeNose merupakan petugas yang sudah terlatih dan berkompeten di bidangnya, dan melakukan kegiatan tersebut sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) di RSBP Batam.

Advertisement
Afdhalun Hakim

“Petugas mematuhi prinsip-prinsip pencegahan dan pengendalian infeksi, memakai alat pelindung diri dan bahan habis pakai, seperti hand scoon, dacron/cutton bud swab, kit antigen, dan antibodi, kantong GeNose, virus transfer media. Dan semuanya dalam keadaan baru dan tersegel dari pabriknya langsung,” tuturnya.

Petugas yang melakukan pemeriksaan kepada pasien, wajib menunjukkan kepada pelanggan dan pasien dalam kondisi baru dan tersegel.

“Sementara itu, pengelolaan sampah bahan habis pakai (BHP) medis dikelola sesuai dengan SOP. Sampah BHP medis dikumpulkan dan dibawa ke rumah sakit untuk dimusnahkan. Seluruh limbah tersebut dibakar dengan alat incinerator (penyembur api), tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan,” tambah Afdalun.

Afdalun menambahkan, smua kegiatan tersebut selalu diawasi oleh manajemen RSBP Batam. “Jika ada oknum petugas terbuktiu melanggar SOP, maka akan diberikan sanksi ringan hingga berat sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ucapnya. (*)

Reporter : Rifki Setiawan
editor: tunggul