Bintan-Pinang

Diduga Terlibat Penipuan Rp6,7 M, Nguan Seng Dilimpah ke Jaksa

AKP Rio Reza Parindra
(f.yusnadi/Batam Pos)

batampos.id – Penyidik Satreskrim Polres Tanjungpinang telah melimpahkan tersangka Nguan Seng, 83, serta barang bukti dalam kasus penipuan dan penggelapan tanah ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang. Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Rio Reza Parindra mengatakan dengan dilimpahkannya perkara tersebut, maka proses hukum selanjutnya menjadi wewenang kejaksaan. “Sudah tahap dua (pelimpahan barang bukti dan tersangka). Status penahanan ada pada jaksa,” katanya, Sabtu (1/5/2021).

BACA JUGA: Oknum ASN Pemko Tanjungpinang jadi Tersangka Kasus Penipuan Modus Calo Masuk ke IPDN

Terpisah, Kepala Seksi Intelijen Kejari Tanjungpinang Bambang Heri Purwanto mengatakan pihaknya telah menerima pelimpahan berkas, barang bukti dan tersangka Nguan Seng. “Tersangka ditahan selama 20 hari ke depan dan dititipkan di tahanan Polres Tanjungpinang,” jelasnya.

Advertisement

Dalam berkasnya, lanjut Bambang, tersangka diduga melanggar Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan. “Setelah surat dakwaan selesai dan lengkap, segera dilimpah ke pengadilan,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui penyidik Satreskrim Polres Tanjungpinang menetapkan Nguan Seng, 83 sebagai tersangka kasus penipuan dan penggelapan jual beli tanah senilai Rp 6,7 miliar. Nguan Seng terpaksa ditahan karena dianggap tidak kooperatif saat proses penyidikan berlangsung. (*)

Reporter: Yusnadi
editor: tunggul