Total Football

Dua Gol Messi Bawa Barca Raih Tiga Poin Penting

Selebrasi striker Barcelona Lionel Messi usai mencetak gol ke gawang valencia dalam lanjutan La Liga di Stadion Mestalla, Senin (3/5). (F. Jose Jordan/AFP)

batampos.id – Megabintang Barcelona, Lionel Messi, kembali menjadi inpiratir timnya untuk meraih kemenangan. Saat melawat ke Stadion Mestalla, markas Valencia, La Pulga membawa barcelona meraih kemenangan penting atas Valencia dengan skor 2-3.

Sayang dalam laga itu Messi gagal melesakkan gol via titik putih. Meski demikian magis messi masih terjaga dengan keberhasilannya melesakkan gol dari tendangan bebas.

Barcelona menjelang laga ini dengan tekad meraih poin penuh dalam upayanya menempel Atletico Madrid di puncak klasemen. Tambahan tiga poin sangat dibutuhkan mengingat mereka sebelumnya tertinggal lima poin di belakang rivalnya tersebut.

Advertisement

Turun dengan kekuatan terbaiknya, Barca arahan Ronald Koeman memiliki peluang emas membuka papan skor di menit ketiga. Kerja sama apik antara Frenkie De Jong dan Pedri di dalam kotak penalti sayangnya belum membuahkan hasil. Tendangan Pedri masih melenceng tipis dari gawang.

Peluang lain dimiliki tim tamu melalui Ronaldo Araujo di menit ke-11, namun sontekannya menyambut tendangan bebas Messi masih bisa digagalkan kiper Jasper Cillessen.

BACA JUGA: Aguero Dikabarkan Merapat ke Barcelona Akhir Musim

Valencia yang ditekan sedari awal justru mengambil keunggulan terlebih dahulu di pertandingan ini setelah Gabriel Paulista menaklukkan Marc-Andre ter Stegen di lima menit pascasepak mula babak kedua. Eks Arsenal itu mencatatkan namanya di papan skor seusai menanduk sepak pojok yang dikirim Carlos Soler.

Barcelona kemudian berpeluang menyamakan kedudukan di menit ke-57 saat wasit menunjuk titik putih menyusul handball yang dilakukan Toni Lato. Messi yang maju sebagai algojo justru gagal melaksanakan tugasnya namun bola rebound hasil kemelut di dalam kotak penalti sukses diteruskan menjadi gol.

Kegagalan penalti itu merupakan yang kedua bagi Messi melawan tim yang sama dalam sebuah musim La Liga. Ini juga menjadi yang pertama selama ia berkarier. Di pertemuan perdana musim ini, sepakan penalti Messi mampu digagalkan Jaume Domenech, sedangkan Cillessen melengkapinya di Mestalla.

Enam menit berselang Barcelona balik memimpin berkat gol Antoine Griezmann. Berawal dari kemelut lain di depan gawang, penyerang internasional Prancis itu berhasil menaklukkan Cillessen dari jarak dekat.

Momentum kemudian beralih pada Barcelona yang mengukir gol ketiganya lewat tendangan bebas Messi. Bintang asal Argentina itu melepaskan sepakan langsung yang menghujam pojok kanan gawang tanpa bisa diantisipasi Cilessen. Gol ini menjadi gol freekick ke-50 bagi Messi di semua kompetisi untuk klubnya.

Saat pertandingan menyisakan tujuh menit, Soler memperkecil kedudukan bagi Valencia tapi itu tidak cukup untuk menghindarkan timnya dari kekalahan.

Menyusul hasil ini, Barcelona sekarang menempati urutan ketiga dengan koleksi 74 poin, sama seperti yang dikumpulkan Real Madrid.

Dua tim raksasa tersebut sama-sama berjarak dua angka dari rival terdekat Atletico sebagaimana musim ini tinggal menyisakan empat pertandingan. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo