Total Football

Fans Duduki Old Trafford, Laga United Lawan Liverpool Ditunda

Sejumlah suporter Manchester United menguasai Stadion Old Trafford jelang laga Setan Merah melawan Liverpool, Senin (3/5). (F. Oli Scarff/AFP)

batampos.id – Laga Manchester United lawan Liverpool yang dijadwalkan digelar Senin (3/5) terpaksa harus ditunda. Ini setelah sejumlah suporter Manchester United berhasil menginvasi Stadion ol Trafford.

Ulah suporter ini ungkapan kemarahan terhadap pemilik Setan Merah, keluarga Glazer, paska keputusan menjadi pendiri Liga Super Eropa.

Ratusan fans masuk ke dalam stadion, dan menduduki lapangan beberapa jam sebelum pertandingan. Untung saja ketika aksi ini berlangsung, pemain dari kedua tim masih berada di tempat penginapan.

Advertisement

Sedangkan wasit Michael Oliver yang sudah berada di stadion dikabarkan telah meninggalkan Old Trafford. Pengumuman stadion telah dibersihkan juga sempat diumumkan.

Pertandingan ini akhirnya ditunda setelah sejumlah pihak, mulai dari klub, pengelola EPL, kepolisian, hingga dewan kota menggelar pertemuan mengenai kemungkinan laga tetap dilanjutkkan.

BACA JUGA: United Pangkas Jarak dengan The Citizen

“Berdasarkan pembicaraan antara kepolisian, EPL, dewan Trafford, dan kedua klub, pertandingan melawan Liverpool ditunda. Pertimbangan keselamatan dan keamanan seputar aksi protes hari ini. Selanjutnya kami akan berbicara dengan pengelola EPL terkait jadwal revisi,” demikian pernyataan manajemen United melalu laman resmi mereka.

“Fans kami sangat mencintai Manchester United, dan kami memahami hak untuk menyampaikan pendapat dan aksi protes damai. Tetapi, kami menyesali gangguan terhadap tim, dan tindakan yang membahayakan suporter lain, staf, dan polisi yang bisa membuat mereka dalam bahaya. Kami mengucapkan terima kasih dukungan kepolisian, dan akan memberi bantuan bila mereka ingin melakukan investigasi lebih lanjut,” tambah manakemen United.

Otoritas Premier League menyayangkan aksi suporter ini. Apalagi aksi ini terjadi di tengah upaya pemerintah mengurangi angka kasus pandemi virus Corona.

“Keamanan dan keselamatan semua orang di Old Trafford tetap menjadi hal paling penting. Kami memahami dan menghormati kekuatan perasaan, tetapi mengutuk semua tindakan kekerasan, kerusakan kriminal, dan pelanggaran, terutama mengingat berkaitan dengan pelanggaran protokol kesehatan,” demikian pernyataan EPL di laman resminya.

“Suporter memiliki banyak cara untuk menyampaikan pandangan mereka, tetapi tindakan dari sebagian kecil suporter ini tidak dapat dibenarkan. Kami bersimpati kepada kepolisian dan steward yang bekerja keras mengatasi situasi berbahaya yang seharusnya tidak terjadi di sepakbola. Perubahan jadwal akan dikomunikasikan dalam waktu dekat,” tutup pernyataan resmi EPL. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo