Nasional

Nadiem: Berkat Pandemi Kesenjangan Digital Kita Terlihat Makin Jelas

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristek, Nadiem Makarim mengatakan, banyak sekali tantangan yang dihadapi dunia pendidikan Indonesia. Bahkan, semakin jelas setelah adanya pandemi. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com )

batampos.id – Pandemi Covid-19 telah merubah banyak aspek kehidupan, seperti kesehatan, ekonomi hingga pendidikan. Salah satu dampak yang dapat dimanfaatkan dengan adanya pandemi adalah percepatan pemanfaatan teknologi.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menuturkan, banyak sekali tantangan yang dihadapi dunia pendidikan Indonesia. Bahkan, semakin jelas setelah adanya pandemi.

Mulai dari akses internet yang tidak merata, akses guru berkualitas yang tidak merata hingga penganggaran pendidikan yang tidak memprioritaskan daerah-daerah 3T, itu.

Advertisement

“Hal-hal yang sebelumnya intuisi kita sudah merasakan perlu ada perubahan di pendidikan, tapi karena pandemi itu menjadi jauh lebih jelas kesenjangan digital,” ucap dia dalam Podcast Hardiknas 2021 Presiden Jokowi dan Mas Menteri Nadiem Makarim yang dikutip, Rabu (3/5).

Kemudian, Nadiem menjelaskan, saat ini banyak guru dan orang tua yang ‘terpaksa’ mempelajari berbagai macam platform pendidikan.

“Itu kalau tidak ada pandemi, enggak mungkin bisa 10 tahun kita mencapai itu (pemanfaatan teknologi), tapi karena pandemi jumlah guru dan orang tua yang belajar teknologi luar biasa (banyak),” imbuh dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambahkan, pandemi membuat semua transparan. Hal ini perlu dimanfaatkan untuk perbaikan secara menyeluruh.

“Ketahuan semuanya, kelihatan semuanya karena pandemi ini dan ini menjadi koreksi kita dan menjadi bahan evaluasi kita untuk kita perbaiki,” ujarnya. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim