Total Football

Nasib Pemain Trial Ditentukan Besok

Tim Persebaya saat menggelar latihan di stadion Gelora 10 Nopember. Ini adalah kali pertama sejak bagi Bajol Ijo berlatih di Tambaksari sejak statusnya dipulihkan tahun 2017. (F. Persebaya)

batampos.id – Persebaya Surabaya memiliki tiga pemain trial. Mereka adalah Daud Yafet Kareth, Arisky Wahyu, dan Johan Yoga. Tim pelatih segera memutuskan masa depan ketiganya.

“Semua pemain trial akan saya coba sampai hari Selasa (besok). Seperti apa perkembangannya, setelah itu baru kami putuskan,” kata pelatih Persebaya Aji Santoso. Persebaya menyisakan dua kali latihan. Yakni, hari ini dan besok sore. Setelah itu, tim berjuluk Green Force tersebut akan diliburkan sampai 18 Mei.

Artinya, tiga pemain trial harus bisa unjuk gigi dalam dua latihan pemungkas tersebut. Aji memang tidak mau terlalu lama dalam menentukan komposisi skuad. “Jadi, nanti pemain yang berlatih setelah Lebaran dan ikut pemusatan latihan sudah pasti (mendapat kontrak),” ungkap pelatih 51 tahun tersebut. Aji memastikan skuad lokal yang ikut latihan setelah Lebaran sudah final.

Advertisement

“Karena tidak akan ada perekrutan pemain baru lagi setelah Lebaran,” tegas mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Kalaupun ada tambahan pemain, Aji punya kriteria khusus. “Kalau saya menemukan pemain muda yang sangat bagus dan berkualitas, pasti akan saya rekrut. Kalau nggak ada, saya rasa sudah cukup,” tambah kapten Persebaya saat juara Liga Indonesia musim 1996–1997 itu.

BACA JUGA: Pemkot Turunkan Tarif Sewa GBT, Persebaya Tetap di Surabaya

Johan Yoga berharap bisa masuk skuad Green Force musim ini. Hanya, dia tahu harus bekerja keras dalam dua latihan terakhir. “Yang pasti, saya ingin tampil maksimal di depan tim pelatih sehingga memperkuat Persebaya musim ini,” terang mantan striker Badak Lampung itu.

Yang jadi masalah, kondisi fisik striker 31 tahun itu belum oke. “Karena selama ini hanya latihan mandiri. Tapi, saya akan kejar ketertinggalan kondisi fisik ini,” tambahnya.

Beruntung, Johan sudah punya banyak kenalan di skuad Persebaya. Musim 2019, dia pernah satu tim bersama Reva Adi di Badak Lampung. Kemudian, dia juga sudah kenal baik dengan Ernando Ari. Sebab, keduanya sama-sama berasal dari Semarang.

“Saya juga sudah kenal dengan Cak Rendi (Irwan) dan Samsul (Arif). Kami sering bertemu di lapangan,” ungkap Johan.

Aji memang ingin pemain trial menunjukkan kualitasnya. Sebab, dia juga tidak mau salah pilih. Terlebih, setelah Lebaran, Persebaya berencana menggelar training center (TC). Pemusatan latihan itu rencananya dilakukan di Jogjakarta. Aji bahkan sudah menyusun program TC tersebut.

“Sudah ada jadwalnya. Pemusatan latihan di mana, uji coba lawan tim mana saja, tanggal berapa, semuanya sudah ada. Tinggal jalan saja,” beber pelatih kelahiran 6 April 1970 itu.

Artinya, untuk TC nanti, Aji tinggal menunggu empat pemain asing. Rencananya, empat pemain asing anyar itu dijadwalkan tiba setelah Lebaran. Kemudian, mereka langsung bergabung dalam pemusatan latihan. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung