Bintan-Pinang

Perkuat Tolerasi Umat Beragama, Umat Budha Sebar 5.400 Paket Sembako

Pembagian sembako, ktua Permabudhi Provinsi Kepri, Hengky Suryawan bersama Gubkepri Ansar. (f.ist)

batampos.id-Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Provinsi Kepri bersama Vihara Bahtra Sasana, Tanjungpinang terus memperkuat tolerasi umat beragama. Menjelang Lebaran Idul Fitri 1442 H/ 2021 M mereka menyebar 5.400 paket sembako untuk umat muslim yang kurang mampu.

BACA JUGA: Difasilitasi Permabudhi Kepri , Tokoh Agama di Tanjungpinang Ikut Divaksin

Ketua Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Provinsi Kepri, Hengky Suryawan selaku penggagas bakti sosial ini mengatakan, bahwa bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian antar umat beragama atas musibah mewabahnya virus corona atau Covid-19 yang telah mempengaruhi semua sendi kehidupan masyarakat Kepri.

Advertisement

“Wabah virus corona ini, telah membuat lapisan masyarakat menjadi sulit, terutama dalam hal perekonomian Untuk itu kami akan berbagi dengan menggelar baksos membagikan 5.400 paket sembako. Semoga ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan dalam menghadapi lebaran nanti,” ujar Hengky Suryawan disela-sela pembagian sembako di Vihara Bahtra Sasana, Tanjungpinang, Minggu (5/2/2021)

Pria yang juga merupakan pengusaha kapal tersebut menjelaskan, paket sembako tersebut bukan hanya diperuntukan bagi kalangan umat muslim semata, tetapi paket sembako ini diperunukan semua lapisan masyarakat yang membutuhkan dengan dampak pandemi Covid-19 ini. Dengan kondisi pandemi ini, untuk pembagian sembako akan dilaksanakan selama tiga hari. Hal ini agar pembagian sembako tidak terjadi kerumunan yang akan menyebabkan tinbuknya klaster baru.

“Untuk pembagian sembako ini kami akan menggandeng Pemprov Kepri yang tentunya untuk mengatur pembagiannya melibatkan Satpol PP dan pihak keamanan lainnya. Kita akan mulai pembagian sembako pada hari Minggu tanggal 2 Mei 2021, dilanjutkan Senin 3 Mei 2021 dan Selasa tanggal 4 Mei 2021. Ya agar tidak terjadi kerumunan dan desak-desakan,” jelasnya.

Ditambakannya, sebelumnya juga Permabudhi Provinsi Kepri beberapa waktu lalu masih dalam suasana pandemi Covid-19, telah membagikan paket sembako dan ribuan alat kesehatan berupa masker dan hand sanitaizer yang diperuntukan bagi masyarakat yang kurang mampu dan sangat membutuhkan.

“Jangan lihat nilai yang kami berikan, semoga apa yang diterima oleh masyarakat bisa mengurangi beban mereka ditengah kondisi ekonomi yang kurang baik sekarang ini,” tutup Hengky Suryawan.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad memberikan apresiasi atas perhatian yang diberikan Permabudhi Provinsi Kepri bersama Vihara Bahtera Sasana yang punya inisiatif menggelar kegiatan amal berupa baktis sosial ini. Ia yakin, sembako yang diterima masyarakat ini bisa membantu untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat.

“Kita masih dalam situasi pandemi Covid-19, agar ekonomi Provinsi Kepri kembali pulih perlu dukungan semua masyarakat. Caranya adalah patuhi protokol kesehatan, sehingga Covid-19 sama-sama bisa kita cegah dan aktivitas kita semua kembali normal,” ujar Gubernur. (*)

Reporter: Jailani
editor: tunggul