Sport

Sapwa Optimis Berlaga di Olimpiade Tokyo

Atlet lompat jauh Indonesia Sapwaturrahman saat beraksi pada Asian Games 2018. (F. AFP Photo )

batampos.id – Atlet lompat jauh Indonesia Sapwaturrahman optimis bisa berlaga di ajang Olimpiade Tokyo. Saat ini Sapwaturrahman giat berlatih untuk mengikuti World Athletics Continental Tour Gold 2021 di Tokyo.

Event yang digelar 9 Mei mendatang itu sekaligus menjadi ajang percobaan Olimpiade 2020 di Jepang. Pelatih lompat jauh Indonesia Arya Yuniawan Purwoko menyebutkan, persiapan anak didiknya itu sudah mencapai 95 persen. Waktu yang ada saat ini dimanfaatkan untuk mematangkan akurasi dan istirahat.

”Semoga peak-nya itu pas lomba tanggal 9 Mei pukul 19.05,” katanya saat diwawancara di Stadion Madya.

Advertisement

Sapwa, sapaan Sapwaturrahman, bisa meraih tiket Olimpiade. Syaratnya, dia harus mencapai limit 8,22 meter. Sapwa saat ini memiliki personal best lompat jauh 8,09 meter yang dicatat saat Asian Games 2018.

Catatan yang wajib dicapai Sapwa memang tidak mudah. Selain harus melebihi capaian tertingginya, dia sudah lama tidak bertanding di kejuaraan internasional imbas pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Atletik Rencanakan Simulasi Lomba untuk Cek Kesiapan

Kendati demikian, Arya tetap optimistis pemilik rekor lompatan terbaik Asia Tenggara itu bisa menembus limit yang ditetapkan.

”Kami selalu termotivasi. Tujuan kita datang ke pelatnas itu kan mencari prestasi tertinggi. Olimpiade ini adalah tujuan utama kita,” ujarnya bersemangat.

Senada dengan pelatih, Sapwa sangat optimistis bisa memberikan penampilan terbaiknya.

”Sudah jelas motivasinya karena pengin tampil di Olimpiade. Saat ini ada kesempatan untuk merebut tiket. Jadi motivasi besar. Termasuk dorongan dan support keluarga,” ucapnya. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung