Total Football

Kalah dari Torino, Parma Kembali Terlempar ke Serie B

Kapten Parma Bruno Alves (kuning) berusaha menghalau bola saat melawat ke Stadion Olimpico Grande, markas Torino, Selasa (4/5). Parma resmi terdegradasi usai kalah dari tuan rumah Torino. (F. Twitter)

batampos.id – Kontestan Serie A, Parma, harus rela kehilangan statusnya di kompetisi utama liga Italia. Ini setelah Parma resmi terdegradasi ke Serie B, Selasa (4/5).

Parma dipastikan terdegradasi setelah mengalami kekalahan di kandang Torino dengan skor 1-0. Sebaliknya kemenangan ini mebuat Torino bergerak menjauhi ancaman degradasi.

Torino kini berjarak tiga poin dari zona merah dengan masih menabung satu laga. Lengsernya Parma ke Serie B ini disesalkan banyak pihak. Pasalnya ini adalah tahun ketiga Parma naik kasta dari Serie B.

Advertisement

I Gialloblu dikenal sebagai salah satu tim yang disegani di liga Italia di era 1990-an. Namun dua kali dinyatakan bangkrut pada 2004 dan 2015, Parma terus memburuk.

Menyusul kebangkrutan kedua, Parma tidak butuh waktu lama untuk bangkit.

BACA JUGA: Kalahkan AS Roma, Parma Jaga Asa Keluar dari Zona Degradasi

Klub yang bermarkas di Ennio Tardini itu langsung berdiri lagi setelah mengawali kiprah di Serie D 2015/16. Parma meraih dua promosi beruntun yang membawa mereka kembali ke Serie A pada 2018.

Dua musim ke belakang Parma mempertahankan status sebagai peserta divisi teratas setelah finis ke-14 pada 2018/19 dan ke-11 musim lalu.

Namun, tahun ini I Ducali besutan Roberto D’Aversa mustahil memungkas kampanye di zona aman. Kekalahan dari Torino membuat Parma hanya mengumpulkan 20 poin dan berada di peringkat ke-19, terpaut 12 poin dari Cagliari di urutan ke-17.

Secara matematis selisih itu masih dapat dikejar dalam empat pekan tersisa, tetapi Parma tidak akan finis di atas Cagliari lantaran kalah rekor head-to-head musim ini. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo