Metropolis

Bangun Drainase di Pelabuhan Batuampar, BP Anggarkan Rp 31 Miliar

Kondisi jalan yang banjir tiap hujan di pelabuhan Batuampar. (f.rifky/batampos.id)

batampos.id – Pengusahaan (BP) Batam akan membangun akan drainase baru di Pelabuhan Batuampar. Lelang akan segera dibuka untuk segera dikerjakan. “Lelang akan segera dilakukan setelah Lebaran nanti,” ungkap Kasubdit Pembangunan Kepelabuhanan dan Kebandaraan BP Batam, Boy Zasmita, Selasa (4/5/2021). “Prosesnya sedang berjalan, dengan melakukan pembersihan secara manual di setiap saluran yang ada. Progresnya telah mencapai 75 persen dari 344,8 meter saluran drainase disana,” tuturnya.

BACA JUGA: Ya Ampun!!! Pelabuhan Kebanggaan Batuampar Tak Kunjung Direvitalisasi

Boi mengatakan normalisasi merupakan solusi jangka pendek. Sedangkan solusi jangka panjang yakni membangun drainase baru yang terintegrasi. “Pembangunan drainase itu yang akan dikerjakan setelah Lebaran, dengan nilai proyek Rp 31 miliar. Dokumen lelangnya dalam proses persiapan,” tuturnya.

Advertisement

Banjir memang sudah menjadi agendasaat hujan deras rutin yang terjadi di Pelabuhan Batuampar, khususnya sejak pintu masuk. Banjir yang kerap terjadi sangat menghambat aktivitas di pelabuhan dan proses bongkar muat pun tidak dapat dilaksanakan dengan cepat. (*)

Reporter : Rifki Setiawan
editor: tunggul