Total Football

Gelar Jamuan Makan Siang, Messi Terancam Sanksi

Striker Barcelona Lionel Messi. (F. Jose Jordan/AFP)

batampos.id – Satu langkah tak terpuji dilakukan megabintang Barcelona Lionel Messi. Di masa pandemi, La Pulga justru mengundang rekan-rekannya di Barcelona makan siang di rumahnya.

Sontak otoritas La Liga langsung memerintahkan investigasi terkait kejadian tersebut. Pasalnya ada aturan baru tentang pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Catalan.

Aturan tersebut menyebutkan hanya memperbolehkan maksimal enam orang berkumpul bersama dalam satu waktu, baik itu di dalam maupun luar ruangan.

Advertisement

Messi menggelar pertemuan tim sembari santap siang dengan skuad Blaugrana di kediamannya di Castelldefels, Senin (3/5). Ini dilakukan Messi sebagai persiapan untuk menghadapi laga krusial versus Atletico Madrid akhir pekan ini.

Team meeting tersebut terancam berbuntut sanksi apabila mereka terbukti bersalah melanggar protokol Covid-19.

BACA JUGA: Laporta Sodorkan Kontrak 10 Tahun pada Messi

Goal dapat mengonfirmasi kebanyakan pemain yang menghadiri acara bersama pasangan masing-masing duduk di meja terpisah di area kebun rumah Messi.

Otoritas La Liga kini sedang mengumpulkan informasi lebih banyak tentang makan siang bareng tersebut. Ini untuk menentukan apakah ‘bubble’ skuad Barca telah pecah di tengah upaya pemerintah untuk meminimalisir kemungkinan meledaknya kembali wabah Covid-19.

Sejauh ini belum pernah ada kejadian klub atau pemain di La Liga menerima hukuman karena melanggar aturan terkait virus corona.

Sebelumnya empat penggawa Sevilla sempat berada dalam sorotan bulan Mei tahun lalu setelah menghadiri acara barbeku jelang diteruskannya kompetisi musim 2019/20.

Saat itu Javier Tebas selaku presiden La Liga berjanji bakal mengambil tindakan tegas. Tetapi perkara akhirnya dianggap kelar setelah kuartet pemain tersebut melayangkan permintaan maaf secara terbuka kepada publik.

Meski demikian, Barca terancam harus berurusan dengan pemerintah Catalan kalau Messi dkk diputuskan melanggar protokol terbaru Covid-19.

“Kami mengetahui dan telah melihat foto-fotonya, Departemen Kesehatan Masyarakat yang berwenang dalam hal ini juga telah melihat foto-foto tersebut dan akan melakukan evaluasi teknis dalam beberapa hari ke depan dan akan memberi tahu kami tindakan apa yang mesti diambil,” demikian ujar Meritxell Budo selalu konselor pemerintah Catalan.

Barcelona besutan Ronald Koeman dijadwalkan berhadapan dengan Atletico Madrid di Camp Nou, Sabtu (8/5) mendatang. Laga ini sangat krusial dalam persaingan juara La Liga. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo