Ekonomi & Bisnis

MSI Luncurkan Laptop Gaming Baru Harganya Hampir Rp 28 Juta

batampos.id – Micro-Star International (MSI) resmi memperkenalkan line-up laptop gaming terbarunya, Stealth 15M A11UEK. Laptop gaming dengan konsep ultraportable yang menjanjikan keringkasan buat penggunanya itu hadir diperkuat prosesor Intel Core Gen ke-11 MSI Stealth 15M diklaim hadir dengan banyak keunggulan yang ada di segmennya.

Dengan ketebalan hanya 16 mm dan berat 1,7 kg, laptop besutan pabrikan Taiwan ini diklaim sebagai laptop gaming ultraportable 15,6 inci tertipis saat ini.

Advertisement

Keunggulan laptop gaming ini juga diungkapkan oleh Rin Moka, gamer dan content creator profesional yang awalnya tidak terlalu yakin akan kemampuan gaming MSI Stealth 15M.

Laptop itu tipis, ringan, dan sama sekali tak terlihat seperti sebuah gadget dengan kemampuan gaming yang spektakuler.

“Penampakannya sempat membuat aku ragu. Tetapi setelah mencoba memainkan beberapa game, termasuk game favoritku, Valorant, terasa luar biasa. Tampilan grafis dan permainan berjalan sangat mulus. Rasanya seperti bermain game di desktop kelas atas,” kata perempuan bernama asli Dinda Shaumi Puti.

Pengalaman gaming nan nyaman yang dirasakan oleh Rin Moka terwujud berkat kerja sama antara Intel dengan MSI untuk menciptakan ultraportable gaming laptop. Jenis laptop yang kecil dan ringan, tetapi dibekali fitur yang membuatnya bisa menjalankan berbagai pekerjaan, termasuk memainkan game berat kelas AAA, tanpa masalah.

Soal spesifikasinya sendiri, khususnya di sektor grafis, Intel bekerja sama dengan NVidia guna membuka standar bagi resizable BAR agar CPU bisa dengan cepat mengakses memori GPU memanfaatkan protokol PCIe standar.

Kecepatannya diklaim telah meningkat signifikan. Terlebih MSI Stealth 15M telah dilengkapi juga dengan GPU NVidia RTX 3060 6GB. Grafis yang dihasilkan kemudian ditampilkan pada layar 15,6 inci IPS LCD dengan refresh rate 144 Hz.

BACA JUGA: ASUS VivoBook S14, Laptop Stylish Penunjang Berbagai Kegiatan

Keunggulan lain dari laptop dengan prosesor Intel Core Gen ke-11 tersebut adalah tersedianya 20 jalur PCIe Gen 4.0. 16 jalur digunakan untuk kartu grafis Xe-LP yang terintegrasi, sementara 4 jalur dari CPU dipakai untuk koneksi bandwidth tertinggi dengan kartu grafis tertentu, seperti NVidia.

Kemudian ada juga Thunderbolt 4 yang mempermudah koneksi dengan perangkat lain, seperti layar tambahan. Thunderbolt 4, yang hanya ada di laptop dengan prosesor Intel Core Generasi ke-11, bisa memindahkan data dengan kecepatan 40GB/s, 4x lebih cepat dibandingkan USB 3.1. Sebuah port Thunderbolt 4 dapat terhubung hingga ke dua monitor DisplayPort atau HDP 4K 60 Hz melalui dock yang kompatibel atau adaptor.

Soal harga, MSI membanderol Stealth 15M dengan prosesor Intel Core i7-11375H Generasi ke-11 dengan harga Rp 27.999.000. Ada dua warna yang ditawarkan, yaitu Pure White dan Carbon Grey. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung