Total Football

Pep Sudahi Catatan Satu Dasawarsa Gagal Lolos ke Final

Manajer Manchester City Pep Guardiola. (F. Steven Paston/POOL/AFP)

batampos.id – Keberhasilan Manchester City melaju ke babak final Liga Champions menyudahi catatan buruk Pep Guardiola. Pep tercatat empat kali gagal melewati babak semifinal Liga Champions bersama City.

Kemenangan yang diraih City saat menjamu Paris Saint-Germain (PSG) di Etihad Stadium, Rabu (5/5) membawa babak baru karir Pep Guardiola. Terakhir, Pep berlagga di final Liga Champion saat masih membesut barcelona musim 2010/2011 silam.

The Citizens mendapatkan kemenangannya berkat brace yang dicetak Riyad Mahrez. Bintang asal Aljazair itu adalah pemain kedua yang sanggup mencetak gol di dua pertemuan semi-final Liga Champions untuk klub Inggris setelah Sadio Mane melakukannya bersama Liverpool pada 2017/18 silam.

Advertisement

“Ini final Eropa pertama untuk kami dan klub. Saya luar biasa bangga dan yang saya pikirkan pertama adalah para pemain yang tidak tampil hari ini. Mereka semua layak untuk bermain, semuanya telah berkontribusi dan sekarang waktunya untuk menikmatinya,” kata Pep Guardiola pada BT Sport usai laga.

BACA JUGA: Kalahkan PSG, City Melaju ke Final Liga Champions

“Kami harus memenangkan liga dan kami punya dua atau tiga minggu persiapan untuk final,” tambahnya.

Terkait keberhasilan menahan dominasi PSG, mengatakan timnya hanya kesulitan di babak pertama. “Sulit untuk melakukan high press saat babak pertama. Tapi kami mampu mengubahnya di babak kedua,” tuturnya.

“Kami merebut bola dengan lebih baik di babak kedua dan kami bermain lebih baik. Agregat 4-1 melawan sebuah tim yang mengalahkan Barcelona dan Bayern berarti besar untuk kami,’ seru Pep.

“Kami sudah berjuang bersama-sama dan kami di final Liga Champions. Orang-orang meyakini ini mudah untuk mencapai final Liga Champions. Menembus final sekarang terasa masuk akal karena apa yang telah kami lakukan dalam empat atau lima tahun terakhir. Setiap hari para pemain ini sudah konsisten dan itu luar biasa,” katanya.

Di final nanti, City tinggal menunggu pemenang antara Chelsea dan Real Madrid. Laga leg kedua semifinal akan digelar di Stamford Bridge pada Kamis (6/5) dini hari WIB. Kedua tim dalam posisi sama kuat setelah bermain imbang 1-1. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo