Ekonomi & Bisnis

Astra Daihatsu Beri Layanan Prima

SERVICE Dept Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Ratno Yunanto (kemeja putih) menjelaskan kepada konsumen terkait layanan servis di bengkel Daihatsu Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (7/5). f. Astra Daihatsu

batampos.id – Apresiasi terhadap konsumen dapat dilakukan dalam beragam cara. Salah satu di antaranya adalah peduli akan kebutuhan konsumen, terutama di masa pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Badan Pusat Statistik (BPS) pada 5 Mei 2021 melansir, terdapat 19,10 juta orang (9,30% penduduk usia kerja) yang terdampak pandemi Covid-19 di Indonesia. Di antaranya mereka yang terpaksa mengalami pengurangan jam kerja sebanyak 15,72 juta orang. Kondisi tersebut ikut berpengaruh terhadap keengganan masyarakat melakukan perawatan rutin mobil mereka.

Chief Executive Officer (CEO) PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (DSO/Astra Daihatsu) Supranoto di Jakarta, Jumat (7/5) mengatakan, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang menyepelekan perawatan rutin mobil. Padahal, perawatan berkala ini sangat penting untuk menjaga performa mobil tetap prima sekaligus memperpanjang usia pemakaian mobil tersebut.

Advertisement

Ia menyadari, pandemi Covid-19 yang memaksa orang mengurangi aktivitas di luar rumah, membuat mereka enggan melakukan perawatan rutin. Padahal, perawatan rutin itu bukan saja agar performa mobil tetap terpelihara, tetapi juga menjaga nilai aset yang dimiliki tak jatuh saat dilakukan trade-in atau dijual.

Karena itu, kata Supranoto, Astra Daihatsu mencoba meringankan beban konsumen dengan menawarkan berbagai program perawatan mobil. Langkah ini ditempuh agar mobil customer tetap terawat di tengah pandemi Covid-19. Sehingga, mobil tersebut dalam kondisi siap digunakan jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Untuk lebih mudahnya, customer dapat memanfaatkan fasilitas booking service melalui telepon, mengunjungi website Astra Daihatsu di www.astra-daihatsu.id, atau Astra Daihatsu Mobile Apps.

Terkait hal itu, ia mengajak para customer Daihatsu agar bisa memanfaatkan berbagai penawaran yang diberikan oleh 65 bengkel Astra Daihatsu dan dealer yang tersebar di 27 provinsi pada masa libur panjang 6-17 Mei 2021.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah melarang mudik tahun ini untuk mencegah melonjaknya penyebaran virus Covid-19. Hingga Jumat (7/5), jumlah penderita Covid-19 di Indonesia tercatat sebanyak 1,7 juta orang dan korban meninggal sebanyak 46.496 orang. Tahun ini, pemerintah harus mengeluarkan anggaran untuk mengatasi Covid-19 sebesar Rp 173,3 triliun naik dua kali lipat dibanding anggaran tahun lalu yakni Rp 63,5 triliun.

Supranoto menegaskan, dalam rangka menyambut Idul Fitri 1442 H tahun ini, Astra Daihatsu mendukung program pemerintah untuk tidak mudik. Karena itu, semua bengkel Astra Daihatsu dan diler tetap beroperasi secara normal dengan memberikan sejumlah layanan menarik seperti diskon jasa sebesar 10%.

“Kami tidak mudik. Silahkan servis kendaraan Anda di bengkel Astra Daihatsu dan dapatkan berbagai program menarik yang tersedia,” ujarnya.

Sementara itu, After Sales Service Division Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Lili Herman mengatakan, Astra Daihatsu menawarkan beberapa pilihan ke konsumen. Di antaranya diskon jasa sebesar 10% untuk Sahabat Daihatsu yang melakukan booking service dan gratis pemeriksaan untuk 21 item pada kendaraan Daihatsu.

Customer juga bisa memanfaatkan jasa layanan servis di rumah melalui Daihatsu Mobile Service (DMS).

Berdasarkan data yang ada, rata-rata unit yang diservis di bengkel Astra Daihatsu dan diler di seluruh Indonesia pada Februari-April 2021 tercatat sebanyak 4.293 unit per hari. Jumlah tersebut meningkat 6,8% jika dibandingkan dengan periode tiga bulan sebelumnya yakni November 2020-Januari 2021 dengan rata-rata 4.032 unit per hari. Dengan program libur Lebaran tersebut diharapkan ada kenaikan unit yang diservis sebesar 5%.

BACA JUGA: Fitur Daihatsu Rocky Bikin Sahabat makin Eksis

Dikatakan, selama liburan Lebaran kali ini, customer Daihatsu juga bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan body repair mobil yang rusak, melakukan uji emisi, dan perawatan lainnya yang dianggap perlu. Sehingga, pada saat setelah liburan dan dibutuhkan kendaraan sudah benar-benar siap digunakan.

Berdasarkan data Gaikindo yang diolah, penjualan retail Daihatsu year to date Maret 2021 tercatat sebanyak 30.310 unit atau menguasai 17% pangsa pasar mobil nasional. Untuk Januari 2021 tercatat penjualan sebanyak 9.528 unit, Februari 2021 sebanyak 8.414 unit, dan Maret 2021 sebanyak 12.368 unit. Sedangkan, untuk penjualan wholesale year to date Maret 2021 tercatat 35.175 unit atau 18,8% pangsa pasar. Di mana pada Januari 2021 tercatat 8.993 unit, Februari 2021 sebanyak 9.412 unit, dan Maret 2021 sebanyak 16.770 unit. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung