Home

Pendatang ke Natuna akan Diperiksa Kesehatan, Danlanud: Perketat Prokes Penumpang yang Datang dan Berangkat

personel Lanud RSA berjaga dan mengawasi penumpang agar tetap mematuhi Prokes. (F. dokumen Lanud RSA)

batampos.id – Komandan Lanud (Danlanud) Raden Sadjad (RSA) Kolonel Pnb Dedy Ilham S. Salam memerintahan Tim Satgas Covid-19 Rumah Sakit TNI Angkatan Udara (RSAU) dr. Yuniati Wisma Karyani Lanud RSA memperketat Protokol Kesehatan (Prokes) di Bandara Sipil Raden Sadjad, Selasa (18/5/2021).

Perintah tersebut disampaikan saat meninjau secara langsung kesiapan Posko Terpadu Pengendalian Transportasi Udara Masa Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri 1442 H.

BACA JUGA: Saat Ini 64 Warga Natuna Terpapar Covid, Phl Bupati Natuna: Ayo Kita Bekerja, Anggaran Jangan Dibiarkan Mengendap di Bank

Advertisement

“Usai libur lebaran Idul Fitri 1442 H, saya perintahkan tim satgas Covid-19 RSAU untuk memperketat prokes kepada penumpang yang berangkat dan turun di Bandara Raden Sadjad,” ujar Danlanud RSA.

Bagi para penumpang menggunakan jasa transportasi udara wajib membawa surat bebas atau negatif Covid-19 dan diwajibkan pula melakukan tes PCR atau swab antigen sesuai dengan tujuan perjalanan yang akan ditempuh oleh para penumpang.

Selain itu Danlanud juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan prokes dengan sering mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi serta menghidari kerumunan.

“Selalu waspada dan jangan lupa berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” Pesan Danlanud.

Sementara itu, Pjs. Kepala RSAU dr. Yuniati Wisma Karyani Lanud RSA Mayor Kes Antoni Syahputra, melalui Sekretaris RSAU Lanud RSA Mayor Kes dr. Hary Purwono, mengatakan untuk penumpang yang turun akan dilaksanakan pengecekan ulang di posko penanggulangan Covid-19 Bandara Raden Sadjad.

“Pengecekan ulang dilakukan oleh tim satgas Covid-19 Rumah Sakit Lanud RSA bekerja sama dengan Personel Lanud RSA Pengamanan Bandara, Satpomau Lanud RSA dan Para Babinpotdirga TNI AU Lanud RSA serta Pemerintah Daerah Natuna,” tandasnya.

Terakhir kata Danlanud, langkah tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran covid-19 di Natuna. Meskipun data saat ini berada di kisaran 60an kasus, pihaknya tetap yakin bahwa virus covid  akan segera hilang.

“Mari kita jaga sama sama dan selalu mematuhi protokol kesehatan. Jangan lalai agar virus ini tidak terus menyebar,” Pungkasnya. (*)

Reporter: Sholeh
editor: tunggul