Ekonomi & Bisnis

SUV Listrik Kia EV6 Berkecepatan 260 Km/Jam

Kia EV6 yang berdesain gaya modern dengan pengisian daya baterai cepat. F. IST

batampos.id – Kia telah memperkenalkan SUV crossover listrik teranyarnya, EV6, yang berdesain gaya modern, dengan pengisian daya baterai cepat serta mampu mencapai kecepatan maksimum (top speed) hingga 260 km per jam.

Dengan ketersediaan pilihan daya baterai 77,4 kWh, EV6 juga didedikasikan untuk perjalanan jarak jauh, dengan jangkauan 510 km untuk satu kali pengisian penuh daya baterai.

Dilengkapi kemampuan pengisian daya 800V, EV6 dapat mengisi daya baterai 10 hingga 80 persen hanya dalam 18 menit, sedangkan versi GT dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,5 detik dengan kecepatan tertinggi 260 km/jam.

EV6 adalah BEV (Battery Electric Vehicle) khusus pertama yang diproduksi oleh Kia menggunakan Platform Modular Listrik Global (E-GMP) baru, dan merupakan bagian pertama dari transisi Kia ke era elektrifikasi baru di bawah slogan merek baru “gerakan yang menginspirasi”.

EV6 dirancang dengan filosofi desain baru ‘Opposites United’, yang mengambil inspirasi dari kontras yang ditemukan pada alam dan manusia. Di tengah filosofi desain adalah identitas visual baru yang membangkitkan kekuatan positif dan energi alam, dengan kombinasi kontras antara elemen gaya tajam dan bentuk pahatan.

Didesain untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda di kelas crossover, versi GT dari EV6 menawarkan eksterior yang berbeda dan berdampak dengan fitur-fitur berteknologi tinggi, serta tingkat kinerja yang belum pernah terjadi sebelumnya dari kendaraan listrik Kia.

Di bagian depan, ‘wajah harimau’ Kia telah ditafsirkan ulang untuk era digital.

Sebagai bagian dari ‘Wajah Harimau Digital’ ini, lampu siang hari dibuat dengan penampilan modern yang ramping dan menyertakan pola lampu dinamis ‘berurutan’.
Kemudian di bagian bawah depan, lubang asupan udara rendah secara visual memperlebar bagian depan mobil, menonjolkan citra berteknologi tinggi.

Profil sampingnya menampilkan siluet yang terinspirasi dari crossover, yang modern, ramping, dan aerodinamis. Garis karakter membentang di sepanjang bagian bawah pintu, melengkung ke atas menuju lengkungan roda belakang untuk memanjangkan profil mobil secara visual.

Didesain sebagian untuk mewujudkan performa aerodinamis terbaik, bagian belakang menampilkan pilar C miring dengan sisipan hitam glossy terintegrasi yang tampak memperpanjang kaca jendela.

Di atasnya terdapat spoiler atap tipe sayap yang menyalurkan udara ke bawah menuju spoiler bawah yang terangkat, yang berada di atas cluster lampu belakang mobil yang unik.

Fitur Keamanan
EV6 menawarkan tingkat keselamatan dan kenyamanan terdepan di kelasnya berkat rangkaian sistem bantuan pengemudi (ADAS) yang ditingkatkan. Mereka membantu mengurangi banyak bahaya dan tekanan yang melekat saat mengemudi, melindungi penghuni dan pengguna jalan lainnya di setiap perjalanan.

Safe Exit Assist (SEA) membantu orang menghindari tabrakan dengan kendaraan sisi belakang saat keluar dari EV6. Saat penghuni membuka pintu untuk keluar dari kendaraan setelah berhenti, sistem memberikan peringatan jika terdeteksi kendaraan yang mendekat dari sisi belakang. SEA juga membantu menutup pintu belakang melalui pengoperasian kunci elektronik.

BACA JUGA: 21 Tipe Mobil Mendapatkan Diskon PPnBM

Lane Following Assist (LFA) membantu memusatkan kendaraan di jalur. Saat mengemudi, LFA dapat dinyalakan dan dimatikan dengan menekan sebuah tombol.
Highway Driving Assist 2 (HDA 2) membantu menjaga jarak dan kecepatan yang ditetapkan dari kendaraan di depan saat berkendara di jalan raya dan juga membantu memusatkan kendaraan di jalur, bahkan melalui tikungan.

Dalam kasus kendaraan yang berdekatan mengemudi dalam jarak dekat, HDA 2 membantu menyesuaikan jalur EV6, untuk menghindari kemungkinan risiko tabrakan. Selain itu, dengan tangan pengemudi di roda kemudi dan di atas kecepatan tertentu, satu klik pada tangkai indikator akan memindahkan mobil ke jalur yang sesuai.

EV6 akan diproduksi di Korea Selatan. Ini akan mulai dijual di pasar global tertentu mulai dari paruh kedua 2021, dengan reservasi online mulai 30 Maret di beberapa pasar. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung