Ekonomi & Bisnis

Hunian Cote D’Azur Hadir di Batam Center, Nilai Kontrak Rp 1 Triliun dengan Tiongkok

Direktur Sempurna Group Wahyudi Gautama (kiri) dan Direktur PowerChina Sepco1 Han Xiu Tau (kanan) saling bertukar berkas kerjasama dalam acara Sempurna Industrial Park Complex project Contract Signing disaksikan langsung Wali Kota dan Kepala BP Batam, HM Rudi di kawasan Jalan Sudirman, Batam Center, Jumat (28/5/2021). (F Chahaya Simanjuntak/Batam Pos)

batampos.id – Sempurna Group (PT Sempurna Mitra Sejati) dan Perusahaan Tiongkok PowerChina Sepco1 menandatangani perjanjian kerjasama (moU) pembangunan tiga proyek besar di Batam dengan nilai kontrak Rp 10 triliun.

Ketiga proyek besar tersebut yakni: pembangunan hunian mewah vertikal dan hotel bintang lima Cote D’Azur di kawasan Jalan Jenderal Sudirman (terletak di antara Showroom Toyota dan Kongkow Driving Range,red) Batam Center, pembangunan kawasan industri di Tanjunguncang, serta proyek pabrik gardu 110kv dan fotovoltaik 4MVp di Tanjungundap.

“Nilai kontrak ketiga proyek ini sebesar Rp 10 Triliun,” ujar Direktur Sempurna Grup, Wahyudi Gautama saat Acara Penandatanganan Kontrak antara Sempurna Group dan PowerChina Sepco1 di lokasi proyek Batamcenter, Jumat (28/5/2021) pagi tadi.

Dari total nilai proyek tersebut, pria yang akrab disapa Kerry ini menyebutkan, nilai Rp 1 triliun akan dialokasikan ke pembangunan hunian vertikal dan juga hotel bintang lima yang diberi nama Cote D’Azur di Batam Center.

“Luas lahan yang akan kami bangun 15 ribu meter persegi atau 1,5 hektare. Semuanya peruntukan jasa komersial yang akan dibangun mulai awal 2022 mendatang dan akan selesai pada 2025 mendatang,” jelasnya.

Mengapa dinamakan Cote D’Azur? Kerri menyebutkan karena mereka terinspirasi dengan salah satu tempat terindah di Pantai Mediterania, Perancis, dan ingin mengadopsi keindahannya ke Kota Batam. “Kami hadir, akan membuat Kota Batam semakin maju dan indah. Dengan begitu mampu menjadi magnet bisnis bagi para investor dan pelaku bisnis,” jelas Kerry.

Khusus hotel bintang lima, Sempurna Group akan membangunnya 15 lantai dengan lebih dari 200 kamar yang terdiri dari ruangan eksekutif, suite, dan hype, lengkap dengan fasilitas seperti kolam renang, meeting dan ballroom, restoran elit, kids club dan sport club, serta yang lainnya.

“Sedangkan hunian vertikal hadir tiga tower sebanyak 1.500 unit,” ujar Kerry.

Tiga tower ini diberi nama Magenta, Rose, dan Violet Tower dengan masing-masing 500 unit. “Apartemen hadir dengan42 lantai, hadir dengan tipe satu kamar hingga tiga kamar dengan luas masing-masing unit mulai 33 m2 hingga 85 m2,” jelas Kerry.

Ada pun yang membuat hunian ini eksklusif dibandingkan hunian lainnya karena sudah dilengkapi dengan mega podium dan superlobby sebagai fasilitas pendukung lengkap bagi penghuni dan tamu nantinya.

Berkiprah membangun usaha di Batam dan Kepri sejak 2002, Sempurna Group kini berkembang multibisnis. Berbagai jenis usahanya meliputi pengembangan produksi precast, beton, baja, serta layanan manajemen properti.

Dia memilih bekerjasama dengan perusahaan PT PowerChina Sepco1 karena perusahaan ini termasuk perusahaan besar di Tiongkok yang telah hadir sejak 1956 dan sudah berpengalaman membangun di berbagai negara termasuk Indonesia. Apalagi, saat ini, China Power jug aktif dalam pengembangan salah satu proyek kelistrikan di kawasan KEK Galang Batang dan Bintan.

Direktur PT PowerCina Sepco1, Han Xiu Tau mengemukakan, mereka tertarik bekerjasama dengan Sempurna Group di Batam karena selain tertarik karena keindahannya, Batam memiliki potensi luar biasa di masa mendatang.

“Kami sudah 60 tahun lebih membangun 600 jenis usaha di 20 negara. Pada 2017 kami masuk Indonesia. Membangun pabrik listrik tenaga uap di Bintan, ada juga di Morowali dan Maluku dengan nilai kontrak USD 500 juta,” ungkapnya.

Dia berharap dengan bekerjasama dengan Sempurna Group, mereka semakin mampu meningkatkan daya saing dan mencapai keuntungan bersama, serta lebih mempererat hubungan antara Indonesia dan Tiongkok.

“Perlu diketahui, dalam mega proyek ini kami jelas akan meningkatkan dan memberdayakan tenaga kerja lokal,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Walikota Batam yang juga menjabat sebagai Ketua BP Batam menyambut positif penandatanganan kotrak antara Sempurna Group dan Tiongkok ini.

“Terimakasih kepada investor China khususnya PowerChina Sepco1 yang sudi hadir dan berinvestasi di Batam. Ke depan,kami akan semakin memperbanyak investor menanamkan modalnya di Batam dengan berbagai kemudahan-kemudahan,” ungkapnya.

Penandatangan ini disaksikan langsung Walikota dan Kepala BP Batam, HM Rudi, Kadisperindag Gustian Riau, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam Rudi Sakyakirti, serta para pelaku usaha rekanan dan para tamu undangan. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Tunggul Manurung