Sport

Incar Podium dengan Ban Medium

Pembalap Aprilla Aleix Espargaro saat sesi latihan bebas di Circuit de Catalunya, Jumat (4/6). (F. Lluis Gene/AFP)

batampos.id – Aleix Espargaro tak ingin membuang kesempatan ketika jadi ’tuan rumah’ dalam GP Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya Minggu malam besok. Buktinya, pembalap 31 tahun itu jadi yang tercepat pada latihan bebas pertama di sirkuit sepanjang 4,657 km itu. Dia membukukan catatan waktu 1 menit 40,378 detik.

Sang adik yang pembalap Repsol Honda, Pol, berada di posisi ketiga dengan selisih waktu +0,373. Di posisi runner-up, ada pembalap Petronas Yamaha Franco Morbidelli (+0,024). Untuk Aleix, catatan waktunya didapat setelah dia mampu menyelesaikan 17 dari 18 total putaran selama latihan bebas pertama kemarin.

Kecermatan pembalap Aprilia Gresini itu kemarin layak diberi kredit tersendiri. Saat pembalap lainnya bertahan dengan ban lama, dia memutuskan mengganti ban baru untuk depan dan belakang sekaligus. Tingkat kekerasan ban baru yang dipilihnya untuk latihan kemarin adalah medium. Apalagi, kondisi lintasan kering.

Advertisementjudul gambar

Ambisi Aleix untuk race besok malam kian berlipat. Sebab, itu bisa menjadi podium pertamanya tahun ini. Sebab, dalam enam race sebelumnya, posisi terbaik Aleix adalah finis keenam.

Itu dibukukan di GP Portugal (81/4) dan GP Spanyol (2/5). Raihan podium sekaligus menjadi kesempatan untuk mengatrol posisinya yang saat ini masih berada di posisi ketujuh dengan 44 poin.

BACA JUGA: Aleix Espargaro Jalani Operasi setelah GP Prancis

Apalagi, untuk kali pertama tahun ini, penonton bisa hadir langsung. Ketentuannya, selain mematuhi protokol kesehatan, jumlah maksimal adalah 20 persen dari kapasitas total. Artinya, akan ada sekitar 24 ribu penonton dari kapasitas keseluruhan 140.700 tempat duduk.

Jumlah 24 ribu penonton tersebut nantinya dibagi menjadi delapan sektor. Pada latihan bebas kemarin, bahkan sudah terlihat beberapa penonton memadati tribun dengan membawa atribut dukungan masing-masing.

“Sangat menyenangkan bisa kembali melihat keberadaan penonton secara langsung setelah beberapa waktu. Ini bisa jadi awal yang baik untuk ke depannya,” ujar pembalap Repsol Honda sekaligus juara MotoGP enam kali Marc Marquez kepada Sky. Marquez yang juga berasal dari Spanyol berada di posisi ke-13 dalam latihan bebas kemarin.

Namun, tidak semua pembalap Spanyol bakal gembira pada race besok malam. Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins sangat kecewa. Dia harus absen. Sebab, pada Kamis waktu setempat, dia mengalami cedera retak pergelangan tangan kanan akibat terjatuh ketika bersepeda di sirkuit yang sama.

Dia sudah menjalani operasi di Universitari Dexeus Hospital, Barcelona. Rins diharapkan pulih untuk GP Jerman (20/6). Meski begitu, Suzuki mengonfirmasi bahwa posisinya untuk race besok tidak akan digantikan. Artinya, juara bertahan Joan Mir bakal jadi satu-satunya pembalap Suzuki Ecstar yang turun sirkuit. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung