Bintan-Pinang

Air Mengalir Hanya Tiga Jam , Ada Jaringan Pipa SPAM Lobam yang Bocor

Seorang warga, Pian saat mencuci tangan dengan air yang bersumber dari SPAM IKK Kecamatan Seri Kuala Lobam, Rabu (9/6). F.Slamet Nofasusanto

batampos.id- Meski sudah dua bulan beroperasi, pelayanan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Kecamatan Seri Kuala Lobam belum maksimal. Soalnya, air yang mengalir ke pelanggan SPAM hanya lebih kurang 3 jam. Hal ini disebabkan masih ada jaringan pipa air SPAM yang bocor.

BACA JUGA: SPAM Batam Rutin Deteksi Kebocoran untuk Maksimalkan Suplai Air ke Pelanggan

Seorang pelanggan SPAM IKK Kecamatan Seri Kuala Lobam, Surya mengaku senang sudah dua bulan merasakan air SPAM IKK Kecamatan Seri Kuala Lobam. “Alhamdulillah sudah dua kali bayar,” ungkapnya.

Advertisement

Diakuinya, air spam lebih bersih dan jernih jika dibandingkan air yang bersumber dari sumur umum warga. Namun, menurutnya, pelayanan air SPAM belum maksimal karena air hanya mengalir tiga jam per hari ke pelanggan yakni mulai pukul 16.00 hingga 19.00 WIB.

Dikatakannya, air yang mengalir 3 jam sehari dirasakan masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Kalau 3 jam belum tertutup untuk kebutuhan 24 jam.
Mungkin kalau 4 jam cukup,” menurutnya.

Sementara itu, Pengelola SPAM IKK Kecamatan Seri Kuala Lobam, Pardo mengatakan, SPAM belum bisa maksimal mendistribusikan air ke pelanggan karena masih ada jaringan pipa air yang bocor.

Perbaikan jaringan pipa yang bocor, menurutnya, perlu dukungan termasuk dukungan anggaran dari pemerintah daerah. “Sudah beberapa kali disampaikan terkait hal ini,” ujarnya.

Pengelola juga telah berusaha mengajukan penambahan jaringan pipa air SPAM untuk Desa Teluk Sasah. “Sudah diajukan ke Dinas PUPR Bintan, hanya tidak tahun ini, namun tahun 2022,” ujarnya.

Disebutkannya, saat ini SPAM IKK Kecamatan Seri Kuala Lobam telah memiliki sekira 500 pelanggan yang tersebar di tiga daerah yakni Kelurahan Tanjungpermai, Kelurahan Teluk Lobam dan Kampung Lepan, Desa Kuala Sempang.

Pendistribusian air dilakukan bergantian dan terjadwal yakni mulai sekira pukul 13.00 WIB hingga sekira pukul 16.00 WIB untuk pelanggan di Teluk Lobam, sedangkan mulai sekira pukul 16.00 WIB hingga sekira pukul 19.00 WIB untuk pelanggan di Tanjungpermai.

“Kalau pelanggan di Kampung Lepan selagi mesin beroperasi, mereka bisa menikmati air SPAM,” ujarnya. Bagaimana dengan biaya yang dikenakan pelanggan? Dia menjelaskan, untuk pemakaian mulai 0 hingga 10 ton dikenakan biaya Rp 35 ribu per bulan, sedangkan untuk pemakaian 11-20 ton Rp 45 ribu per bulan dan untuk pemakaian 20-30 ton Rp 55 ribu. (*)

reporter: Slamet
editor: tunggul