Bintan-Pinang

Akhirnya Air Bersih SWRO sampai ke Rumah Warga Penyengat

Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepri, Cen Sui Lan bersama Kepala BPPW Kepri Albert dan Wali Kota Tanjungpinang Rahma saat mendatangi SWRO di Batu Hitam, Minggu (21/3/2021).
(f. Peri Irawan/batampos.id)

batampos.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang mempersiapkan penambahan sambungan rumah aliran Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) ke 600 rumah warga di Pulau Penyengat. Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Zulhidayat menjelaskan pada awalnya SWRO di Penyengat dalam bentuk depot, namun sekarang akan dialirkan menggunakan pipa atau sambungan rumah. “Nanti akan sampai ke kamar mandi rumah masing-masing,”kata Zulhidayat, Rabu (9/6/2021).

BACA JUGA: Rp7,68 Miliar untuk Penambahan Jaringan Pipa SWRO di Tanjungpinang

Setelah dihitung,  kata Zulhidayat tangki yang ada saat ini perlu dilakukan penambahan kapasitas agar layanan bisa full 24 jam. Saat ini hanya bisa melayani 100 rumah menggunakan beberapa tangki yang disalurkan ke rumah warga. Tahun 2022 kapasitas air bersih akan ditingkatkan menggunakan APBN sehingga bisa menjangkau 600 rumah warga. “Tahun depan itu 600 rumah tambahannya,” jelasnya.

Advertisement

Meski demikian, setiap rumah yang dialiri SWRO tetap akan mendapat tagihan tentunya lebih murah,  harganya sudah diatur dalam peraturan wali kota (Perwako) Tanjungpinang. “Ada perwakonya yang mengatur harga satu kubik air yang dipakai masyarakat,” sebutnya. Pada Selasa (8/6/2021) kemarin,  Dinas PUPR bersama jajaran Pemko Tanjungpinang sudah mengunjungi pemasangan pipa dari SWRO ke rumah warga. (*)

reporter: Peri Irawan
editor: tunggul