Karimun

Anggata Tagana Karimun Dapat Tali Asih dari Kemensos


Anggota Tagana Karimun yang mendapatkan tali asih dari kementerian sosial f,TRI

batampos.id- Bupati Karimun Aunur Rafiq menyaksikan penyerahan tali asih dari Kementerian Sosial kepada anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Karimun dan penyerahan lahan hibah dari masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, Rafiq mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Sosial yang telah memberikan tali asih kepada anggota Tagana Karimun.

BACA JUGA: 26.000 Relawan Tagana Dapat Insentif dari Kemensos

” Peranan Tagana di Karimun sangat besar dalam berbagai bencana yang terjadi. Dan, saya juga mengucapkan terimakasih kepada saudara Wiyono yang telah menghibahkan lahannya untuk kantor sekretariat Tagana Karimun,” kata Rafiq, Selasa (8/6).

Advertisement

Sedangkan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepri Doli Boniara mengatakan, Tagana sangat hebat dan telah terbukti diterima ditengah-tengah masyarakat dalam penanganan musibah. Termasuk Tagana Karimun yang sekarang telah mendapatkan lahan hibah yang sumbangan dari masyarakat.

” Sudah terbukti kinerja Tagana. Walaupun, anggotanya berasal dari berbagai unsur elemen masyarakat. Namun, peranannya dalam penanganan musibah sangat cepat. Dan, Tagana sebagai garda terdepan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap pencegahan Covid-19 dan mengajak untuk melakukan vaksin,” terang Doli yang juga pembina Tagana Provinsi Kepri.

Sementara itu koordinator Tagana Karimun Dedy Risdianto mengatakan, pemberian tali asih dari Kementerian Sosial kepada anggota Tagana Karimun dari salah satu bank BUMN. Setelah dilakukan verifikasi oleh Dinas Sosial Provinsi Kepri, dimana anggota Tagana Karimun sendiri sebanyak 79 orang menjadi 43 orang setelah diverifikasi.

” Alhamdulilah tali asih satu orang mendapatkan Rp250 ribu per bulan. Dan, diberikan setiap enam bulan sekali. Serta, saya mengucapkan terimakasih kepada Wiyono anggota DPRD Karimun yang telah menghibahkan lahannya untuk membangun posko bencana Tagana Karimun,” tuturnya.

Dengan mendapatkan hibah lahan tersebut, nantinya akan dibangun posko, gudang dan alat-alat bencana. Sehingga, diharapkan segera dibangun nantinya agar bisa menyebarkan informasi lebih cepat lagi. Baik itu, informasi lokasi kejadian dan proses penanganan yang harus lebih cepat lagi.

” Mudah-mudahanlah dapat dibangun segera. Sebab, bencana bukan bencana alam saja, tapi ada bencana-bencana lainnya seperti pandemi Covid-19 sekarang. Dan, kalau bisa ditambah tali asih dari pemerintah daerah agar sebagai penyemangat anggota,” harapnya.

Ditempat yang sama Wiyono mengungkapkan, hibah lahan yang diberikan kepada Tagana Karimun tidak lain agar bisa memiliki lahan dan gedung sendiri. Sehingga, dapat dimaksimalkan aktivitas Tagana Karimun kedepannya.

” Mudah-mudahan dapat bermanfaatkan bagi teman-teman kita Tagana Karimun yang secara iklas, tampil langsung membantu dan menolang dalam berbagai musibah,” ucapnya.(*)

Reporter : TRI HARYONO
Editor : tunggul