Sport

Buang Pelindung Dada, Penalti Quartararo Ditambah

Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo. (F. Lluis Gene/AFP)

batampos.id – Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo harus menelan pil pahit. Beberapa jam setelah balapan GP Catalunya, pemuncak klasemen sementara pembalap itu mendapat hukuman penalti waktu tambahan sebanyak 3 detik. Hukuman tersebut dijatuhkan tim steward MotoGP.

Itu terkait aksinya di lima lap terakhir pada balapan sepanjang 24 lap tersebut. Saat itu dia sengaja melepas pelindung dada yang dia kenakan. Lalu, dia membuangnya di lintasan.

Quartararo mengungkapkan, aksi itu terpaksa dia lakukan karena pelindung dadanya rusak sehingga dia merasa tidak nyaman saat mengendarai motor. Akibat keputusannya itu, baju bagian depan rider asal Prancis tersebut sempat terbuka dan terekam kamera di tengah balapan.

Advertisement

Dalam rilis resmi, tim steward MotoGP menyebut aksi itu membuat Quartararo melanggar peraturan MotoGP nomor 2.4.5.2. Pasal itu menyebutkan bahwa setiap pembalap wajib mengenakan perlengkapan keamanan balapan secara benar dan tepat selama tampil di lintasan.

BACA JUGA: Oliveira Raih Trofi Perdana, Juarai GP Catalunya

“Setelah mempelajari kasus ini, kami menemukan bahwa Quartararo tidak mengenakan pakaian balap dengan benar dengan membuang pelindung dada,” tulis pihak MotoGP dalam rilis resminya dilansir Motorsport.

Akibat penalti tersebut, posisi Quartararo di hasil akhir balapan GP Catalunya melorot dua peringkat ke posisi keenam. Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir naik ke posisi keempat. Rekan setim Quartararo, Maverick Vinales, terkerek ke posisi kelima.

Jarak poin Quartararo dengan peringkat kedua, yakni pembalap Pramac Ducati Johann Zarco, juga makin tipis di klasemen pembalap. Kini jarak keduanya tinggal 14 poin. Sebelumnya, gap mereka masih terpaut 17 angka.

Sebelum menerima penalti tersebut, Quartararo mendapat penalti 3 detik akibat aksinya yang menyentuh garis track limit di antara tikungan 1 dan 2 pada lap ke-22. Akibatnya, posisi dia saat itu diturunkan satu setrip dari posisi ketiga ke posisi keempat.

Quartararo menanggapi dingin penalti tambahan itu. Dia juga menolak tudingan beberapa pembalap lain. Salah satunya Mir. Menurut Mir, aksinya membuang pelindung dada di tengah sirkuit bisa membahayakan pembalap lain dan layak didiskualifikasi.

“Selamat kepada orang-orang yang meminta aku diberi sanksi tambahan. Aku sama sekali tidak membahayakan siapa pun. Akhirnya aku bisa melihat wajah asli beberapa orang lewat kejadian ini. Sampai jumpa di balapan selanjutnya,” tulis Quartararo di akun Instagram miliknya. (*)

Klasemen setelah Penalti Quartararo (5 Besar)

  1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 115 poin
  2. Johann Zarco (Pramac Racing) 101 poin
  3. Jack Miller (Ducati) 90 poin
  4. Francesco Bagnaia (Ducati) 88 poin
  5. Joan Mir (Suzuki Ecstar) 78 poin

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung