Bintan-Pinang

Gedung Stadion Megat Alang Perkasa, Bintan jadi Lokasi Karantina Pasien Covid-19

15 unit rangka tempat tidur sudah didistribusikan ke gedung Stadion Megat Alang Perkasa yang ditetapkan sebagai tempat karantina/isolasi mandiri terpadu pasien covid-19 di jalan raya Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Rabu (9/6). F.Slamet Nofasusanto

batampos.id- Kasus covid-19 di Kabupaten Bintan terus meningkat. Per Selasa (8/6/2021), kasus covid-19 di Kabupaten Bintan secara keseluruhan 1.716 kasus. Pemerintah Kabupaten Bintan mulai menyiapkan gedung Stadion Megat Alang Perkasa untuk tempat karantina/isolasi mandiri terpadu pasien covid-19 tanpa gejala.

BACA JUGA: Pemerintah Perpanjang Karantina WNI Jadi 14 Hari

Plt Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan, Ramlah mengatakan, seiring meningkatnya kasus covid-19 di Kabupaten Bintan, pemerintah mencari tempat cadangan karantina/isolasi mandiri terpadu untuk pasien covid-19. Karena selama ini hanya satu tempat karantina/isolasi mandiri untuk pasien covid-19 asal Bintan yakni di LPMP Ceruk Ijuk, Toapaya. “LPMP Ceruk Ijuk terbatas,” katanya.

Advertisement

Dia menjelaskan, tempat karantina/isolasi mandiri terpadu diperlukan karena selama ini banyak pasien covid yang menjalani isolasi mandiri di rumah. “Kita khawatir mereka justru ke mana-mana, sehingga dicari cadangan tempat karantina/isolasi mandiri terpadu,” jelasnya.

Dia mengatakan, pemerintah telah meninjau beberapa lokasi yang akan dijadikan tempat karantina/isolasi mandiri terpadu, diantaranya BTS di Kijang, GOR Kawal dan Eks MTQ Teluk Bakau di Kecamatan Gunung Kijang. Namun, lanjutnya, lokasinya masih berdekatan dengan pemukiman.

Selain itu, sambungnya, pemerintah juga meninjau ke Bintan Sayang Resort, namun resort tersebut masih beroperasi. “Meninjau ke Pujasera Melayu Bedendang juga, namun di sana masih menerima tamu, kemudian ke salah satu sekolah di Tanjunguban, namun belum layak,” katanya.

Akhirnya, pemerintah menetapkan tempat yang paling layak untuk karantina/isolasi mandiri pasien covid-19 di gedung Stadion Megat Alang Perkasa di jalan raya Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam. “Gedung stadion itu sudah ada sumber air dan listrik, kemudian jauh dari pemukiman juga,” katanya.

Sejauh ini, dia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 100 kasur dan 35 rangka tempat tidur untuk pasien covid-19. “Kasur bantuan dari Satgas Provinsi. 35 unit rangka tempat tidur, sekira 15 unit sudah didistribusikan ke stadion. Fasilitas lain seperti lemari juga akan kita distribusikan ke stadion secara bertahap,” ujarnya.

Dijelaskannya, lantai satu stadion akan disekat-sekat menjadi kamar untuk menampung 100 pasien covid-19. Penyekatan kamar-kamar untuk pasien covid-19 dan fasilitas lain, dia mengatakan, sudah mengajukan anggaran ke Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau.

“Bintan tidak ada anggaran, tapi sudah kita ajukan anggaran ke Gubernur, ke Satgas Covid-19 Provinsi,” ujarnya. Dia berharap, Satgas Covid-19 Provinsi Kepri dapat segera merealisasikan anggaran sehingga tempat karantina/isolasi mandiri covid-19 dapat segera digunakan. “Kita maunya secepatnya stadion dijadikan tempat karantina/isolasi mandiri terpadu,” harapnya. (*)

Reporter: SLamet
editor: tunggul