Total Football

Giliran Benzema Terancam Tak Bisa Ikuti Euro 2020

Selebrasi striker Prancis Olivier Giroud usai mencetak gol ke gawang Bulgaria dalam laga ujicoba jelang EURO 2020 di Stade de France, Kamis (9/6). (F. Franck Fife/AFP)

batampos.id – Prancis memetik hasil positif saat melawan Bulgaria dalam laga ujicoba terakhir jelang Euro 2020. Dalam laga itu Prancis menang dengan skor telak 3-0.

Dalam laga yang digelar di Stade de France, gol kemenangan Prancis dipersembahkan oleh Antoine Griezmann (29′) dan Olivier Giroud (83′, 90′). Hanya saja ada hal yang mengkhawatirkan saat laga ujicoba tersebut.

Karim Benzema mengalami cedera di laga uji coba terakhir melawan Bulgaria jelang Euro 2020. Partisipasi Benzema di turnamen antarnegara Eropa itu kini diragukan setelah ia bermasalah dengan otot di atas lutut kirinya.

Advertisement

Penyerang Real Madrid itu terpaksa ditarik keluar di akhir babak pertama. Perannya digantikan oleh Olivier Giroud.

Sebelum Benzema cedera, Prancis yang bermain di depan pendukungnya sendiri mampu unggul di menit ke-29 setelah Antoine Griezmann menjebol gawang Bulgaria kawalan Daniel Naumov.

Dengan lesakannya tersebut, Griezmann sekarang selalu mencetak gol di tiga pertandingan terakhir untuk Prancis, menyamai laju terbaiknya dalam seragam Les Bleus.

BACA JUGA: Prancis Hadapi Dilema Eksekutor Penalti

Tim arahan Didier Deschamps baru bisa memperbesar keunggulan ketika laga memasuki akhir paruh kedua. Adalah Giroud yang membuktikan ketajamannya sekali lagi bersama tim nasional dengan bukti dwigol.

Striker milik Chelsea itu, yang hanya sanggup menjaringkan empat gol dari 17 penampilannya di ajang Liga Primer Inggris musim kemarin, menuntaskan peluang di depan gawang setelah menyambut umpan silang Benjamin Pavard dari sisi kanan.

Giroud kemudian mengemas gol keduanya di menit ke-90 dengan melakukan tap-in atas kiriman umpan Wissam Ben Yedder. Giroud kini telah menjaringkan enam gol dari 11 penampilannya dengan timnas pada 2020/21.

“Dia mengalami terjangan yang kuat di bagian otot sebelah atas dari lutut kiri, dan dia merasa ada sedikit rasa tidak nyaman sehingga kami tidak ingin mengambil risiko” kata Deschamps ketika ditanya kondisi Benzema saat jeda.

“Staf medis untuk saat ini tengah melakukan perawatan terhadapnya,” tambah Deschamp.

Belum diketahui secara pasti apakah masalah ini akan membuat Benzema menepi di Euro 2020. Prancis sendiri tergabung di Grup F yang dianggap ‘neraka’, sebagaimana mereka akan melawan Jerman (16/6), Hongaria (19/6), dan Portugal (24/6). (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo