Home

Ini Baru Hemat, KPU Kembalikan Rp5 Miliar Lebih, Dana Hibah Pilkada ke Kas Pemkab Karimun 

Eko Purwandoko

batampos.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun, telah mengembalikan dana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 lalu melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) kepada Pemerintah Kabupaten Karimun sebesar Rp5.330.22.788. Dimana, Pemerintah Kabupaten Karimun telah menghibahkan kepada KPU Karimun sebagai salah satu penyelanggara Pilkada 2020 sebesar Rp16.498.710.400.

BACA JUGA: KPU Kepri Minta Tambah Anggaran

” Kemarin, kita bertemu dengan Bupati Karimun Aunur Rafiq untuk melaporkan penggunaan dana hibah kepada KPU Karimun. Bahwasannya, anggaran Pilkada yang diberikan Pemerintah Kabupaten Karimun ada sisa Rp5 miliar lebih yang telah dikembali kepada kas daerah pada 10 Mei lalu,” jelas Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko, Selasa (8/6/2021).

Advertisement

Dengan demikian, KPU Karimun merealisasikan penggunaan dana hibah selama Pilkada Karimun pada tahun lalu sebesar Rp11.168.677.612. Sehingga, dana hibah tersebut sekarang sudah tidak ada direkening KPU dan sudah berada di kas daerah. Dimana, sesuai dengan aturan bahwa untuk pihaknya baru melaporkan penggunaan dana hibah setelah penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun paling lambat 3 bulan.

” Nah, tahapan-tahapan sudah selesai semua dengan ditandai terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati Karimun yang telah dilantik. Baru kita bikin laporannya penggunaan dana hibah. Dan, alhamdulillah semuanya berjalan lancar,” tuturnya.

Sehingga, kata Eko untuk KPU Karimun sendiri sesuai instruksi dari KPU Pusat melakukan tahapan data pemilih berkelanjutan untuk persiapan Pilpres dan Pileg pada tahun 2024 mendatang. Data pemilih berkelanjutan yang dilakukan setiap bulan, bertujuan data pemilih yang berkwalitas.

” Data pemilih berkelanjutan setiap bulan kita update datanya. Seperti, dulunya anggota TNI/Polri, sekarang sudah pensiun bisa menjadi pemilih, meninggal dunia dan sebagainya. Serta, pendidikan pemilih yang terus dilakukan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Seperti berita sebelumnya, bahwa Pilkada Karimun sendiri terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq-Anwar Hasyim dengan rivalnya Iskandarsyah-Anwar menang tipis 86 suara. Dan, pada 26 April lalu Bupati dan Wakil Bupati Karimun terpilih secara resmi dilantik oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad di gedung daerah Tanjungpinang.(*)

Reporter : TRI HARYONO
Editor : tunggul