Total Football

La Furia Roja Mencari Pemimpin Baru

Pelatih tim nasional Spanyol Luis Enrique. (F. Javier Soriano/AFP)

batampos.id – Pasca menepikan kapten reguler Sergio Ramos dalam skuad Euro 2020, Sergio Busquets yang disiapkan sebagai pengganti Ramos malah terpapar Covid-19. Lalu, siapa kapten timnas Spanyol saat ini?

”Dengan sangat menyesal kami mengumumkan bahwa kapten Sergio Busquets positif terpapar Covid-19 setelah tes PCR pagi ini (kemarin, red).” Begitu bunyi pernyataan resmi dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) kemarin (7/6).

Busquets sudah meninggalkan Las Rozas, markas latihan timnas Spanyol, dengan menaiki ambulans untuk selanjutnya menjalani karantina mandiri di kediamannya di Barcelona. Gelandang 32 tahun asal FC Barcelona itu direncanakan menjalani tes PCR lanjutan pada Kamis (10/6) atau Jumat (11/6) waktu setempat. Jika negatif, Busquets bisa kembali ke skuad La Furia Roja.

Advertisement

Jika masih positif, entrenador La Furia Roja Luis Enrique harus memutuskan apakah akan terus menunggunya atau mencari pengganti. Regulasi UEFA untuk skuad Euro 2020 masih memperbolehkan setiap kontestan melakukan perubahan komposisi skuad maksimal sebelum memainkan laga pertama. La Furia Roja memulai Euro dengan menghadapi Swedia (15/6).

BACA JUGA: Turunkan U-21, Spanyol Bantai Lithuania 7-1

Gara-gara kasus positif Busquets dan demi mencegah persebaran korona, Spanyol urung menjalani uji coba melawan Lithuania di Estadio La Cartuja, Seville. Sebagai penggantinya, Spanyol U-21 yang akan tampil.

Hingga tadi malam, Enrique diklaim masih berharap Busquets pulih. Selain pengalamannya (123 caps), Busquets merupakan pemain selain Ramos yang paling sering dipercaya Enrique sebagai kapten di era kepelatihannya. Meski begitu, Lucho, sapaan akrab Enrique, juga mencari alternatif kapten.

Ada sederet nama dalam skuad La Furia Roja saat ini yang mempunyai jiwa kepemimpinan atau pernah jadi kapten di klubnya. Sebut saja gelandang Koke (Atletico Madrid), bek kanan Cesar Azpilicueta (Chelsea), dan David de Gea (Manchester United). Bahkan, Marca menyebut bek kiri Barca Jordi Alba juga masuk nomine.

Hanya, di antara mereka, tidak semuanya jadi pilihan starting XI Lucho belakangan ini. Alba yang sudah menapak 32 tahun mulai kalah bersaing dengan Jose Gaya (Valencia CF). De Gea juga harus merelakan posisi di bawah mistar dikuasai Unai Simon (Athletic Bilbao) dalam tujuh laga terakhir.

Sementara Azpi kurang dilirik Lucho sebagai bek kanan meski La Furia Roja minim pilihan seiring cederanya Dani Carvajal (Real Madrid) dan Sergi Roberto (Barca). Lucho lebih sreg menggeser gelandang Marcos Llorente (Atletico Madrid). Di sisi lain, sepanjang musim ini, Azpi juga lebih menjalani peran sebagai trio bek di Chelsea. Alhasil, hanya Koke yang masih reguler menghuni starting XI.

Seandainya Busquets benar-benar absen, Koke adalah opsi tepat jadi kapten baru mengingat posisinya di sentral permainan. Seiring sukses membawa ATM memenangi La Liga 2020–2021, sepertinya, Koke layak diberi kepercayaan.

Koke juga pernah sekali mengenakan ban kapten di era Lucho. Yaitu, ketika Spanyol ditahan 1-1 Belanda dalam uji coba tahun lalu (12/11/2020). ”Yang saya tahu, saya masih kapten ketiga (di belakang Ramos dan Busquets, red),” ucap Koke yang baru mencatat caps ke-50 kepada Football Espana.

Jika terpilih, Koke bakal memutus dominasi pemain Real maupun Barca sebagai pemimpin La Furia Roja sejak 1993. Yaitu, mulai Andoni Zubizarreta, Fernando Hierro, Raul Gonzalez, Iker Casillas, hingga Ramos dan Busquets. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung