Nasional

Megawati Akan Dapat Gelar Profesor, Ini Respons Guru Besar di Tiongkok

Megawati Soekarnoputri akan diberi gelar Profesor Kehormatan Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik dari Universitas Pertahanan (Unhan) (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

batampos.id – Ramai diperbincangkan terkait akan diberikannya gelar Profesor Kehormatan Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik dari Universitas Pertahanan (Unhan) kepada Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri. Banyak yang mempertanyakan pemberian gelar tersebut.

Terkait hal itu, Guru Besar Tetap di bidang Hubungan Internasional Universitas Lembaga Ilmu Pengetahuan Sosial Tiongkok (University of Chinese Academy of Social Sciences/CASS), Xu Liping menyatakan dukungan sepenuhnya terhadap usulan Guru Besar Tidak Tetap itu.

Peneliti Senior Institut Nasional Strategik Internasional (NIIS) itu pun mengaku telah mengenal dan mempelajari peranan yang bersejarah Megawati. Dia merasa bahwa Megawati layak mendapatkannya.

Advertisement

“Berdasarkan pengalaman akademik saya sebagai dosen di bidang hubungan internasional dan peneliti senior di bidang strategi, saya menilai jasa dan kontribusi ilmiah Megawati Soekarnoputri sudah memenuhi syarat dan ketentuan untuk diusulkan menjadi Guru Besar Tidak Tetap di Unhan RI bidang keilmuan Kepemimpinan Strategik,” terang dia dalam keterangannya, Rabu (9/6).

Dia membeberkan, pada masa pemerintahan Megawati, Indonesia sedang mengalami masa transisi di mana banyak elemen tak pasti yang muncul. Namun Megawati terbukti tegas menjunjung tinggi Pancasila, melindungi kesatuan dan persatuan Indonesia sebaik-baiknya.

Di tingkat regional, Megawati pun mendorong anggota ASEAN dengan Tiongkok menandatangani code of conduct (CoC) untuk Laut China Selatan. Perjanjian ini sangat bermanfaat bagi perdamaian dan kestabilan regional.

“Dengan adanya COC, bekerja sama Asean dengan Tiongkok semakin meningkat secara pesat sampai sekarang ini, Doktor Honoris Causa Megawati Soekarnoputri berjasa bersejarah di bidang ini,” kata Xu Liping. (*)

Sumber : JP Group
Editor : Jamil Qasim