Bintan-Pinang

Seven Clean Seas Angkat 1,3 Ton Sampah Plastik di Pantai Setumu, Dompak

Komunitas Peduli lingkungan Seven Clean Seas Bintan angkat 1,3 ton sampah plastik di Pantai Setumu, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (8/6/2021). f.Siti

batampos.id- Komunitas Peduli lingkungan Seven Clean Seas Bintan berhasil mengumpulkan 1,3 ton sampah plastik pada aksi bersih pantai di Pantai Setumu, Dompak, Tanjungpinang. General Manager Bintan Seven Clean Seas, Siti Kusmiati menjelaskan secara rutin komunitasnya membersihkan sampah plastik di pantai tiga kali dalam sepekan yaitu Selasa, Kamis dan Minggu. Kegiatan bersih-bersih pantai itu sudah dilakukan sejak 2020 lalu.

BACA JUGA: 58 Mobil Pengangkut Sampah DLH Batam Tak Laik Jalan

“Kegiatan di Pantai Setumu, Dompak, tadi kita angkat sekitar 1,3 ton sampah plastik,”kata Siti,  Selasa  (8/6/2021). Ia menyebutkan alasannya memilih Pantai Setumu itu karena sampah plastik yang terdapat di lokasi tersebut sangat banyak, paling banyak ditemukan adalah sampah sedotan plastik dan plastik bungkus makanan.

Advertisement

“Lumayan banyak kita temukan, mayoritas sampah sedotan plastik dan bungkus makanan,”ujarnya.  Saat bersih-bersih di Pantai Setumu ia juga bekerjasama dengan nikoi dan cempedak, serta beberapa volunteer Jumlah orang yang turun saat itu sebayak 21 orang.

Sempena peringatan hari laut sedunia, pihaknya juga mengimbau dan mengajak masyarakat untuk bersama penduli menjaga lingkungan, tidak membuang sampah plastik ke laut.  “Kita mengajak juga untuk mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai, seperti sedotan, kantong kresek, saat belanja juga dianjurkan membawa kantong sendiri,” imbaunya.

Tidak hanya itu,  sampah plasik yang dibuang ke laut juga membahayakan biota laut, karena beberapa sampah plastik itu mengandung logam berat. “Itu bahaya sekali jika sudah masuk ke pencernaan ikan,” tambahnya. (*)

reporter: Peri Irawan
editor: tunggul