Metropolis

SMKN I Batam Buka Pendaftaran Siswa Baru

batampos.id – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Batam menerima 316 siswa baru pada proses penerimaan peserta didik baru (PPDB), tahun ini. Jumlah ini sudah sesuai dengan kuota daya tampung yang ada yakni sebanyak 11 lokal.

Kepala SMKN I Batam, Lea Lindrawijaya Suroso, mengatakan, draf PPDB ini sudah disampaikan ke Dinas Pendidikan Provinsi Kepri dan sesuai arahan Disdik, PPDB akan dibuka serentak tanggal 28 Juni hingga 2 Juli mendatang.

Pendaftaran PPDB menggunakan sistem online, dengan formasi; jurusan Teknik Mesin sebanyak 64 orang, teknik Pengelesan sebanyak 32 orang, Elektronika Industri sebanyak 64 orang, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) reguler sebanyak 32 orang, TKJ kelas Telkom sebanyak 20 orang, Otomasi Industri reguler sebanyak 32 orang, Otomasi Industri kelas Industri Scheneider sebanyak 20 orang, Mekatronika kelas reguler sebanyak 32 orang dan Mekatronika kelas Industri TDK sebanyak 20 orang.

Advertisement

“Peserta bisa pilih tiga jurusan kecuali untuk kelas Teknik Pengelasan. Teknik Pengelasan hanya satu pilihan saja, karena kita ingin memunculkan siswa yang benar-benar berbakat di situ. Untuk teknik Pengelesan ini agak ketat karena kita sudah punya workshop pengelasan bawah air dan itu yang mau kita tonjolkan,” ujar Lea.

Untuk persyaratan PPDB, yakni nilai rapor dari semester satu hingga semester lima, sertifikat atau piagam penghargaan bagi mereka yang memilih jalur prestasi dan Kartu Keluarga (KK) untuk kuota bina lingkungan dan KIP untuk jalur kurang mampu.

“Untuk PPDB ini setelah isi kelengkapan di form pendaftaran, peserta juga akan dijadwalkan ke sekolah untuk ikut psikotes, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika. Untuk kelas industri juga ada psikotes,” kata Lea. (*)