Total Football

Turunkan U-21, Spanyol Bantai Lithuania 7-1

Pelatih timnas Spanyol Luis Enrique. (F. Javier Soriano/AFP)

batampos.id – meski berada di bawah bayang-bayang Covid-19, tim nasional Spanyol sukses melibas Lithuania 7-1. Hasil ini diraih oleh La Furia Roja dalam laga ujicoba yang digelar di digelar di Estadio Municipal de Butarque, Leganes, Rabu (9/6) dini hari WIB.

Hanya saja, Spanyol tidak menurunkan tim senior saat melawan Lithuania. Pasalnya hingga saat ini Spanyol masih menunggu hasil tes pemain Spanyol pasca Sergio Busquets dinyatakan terpapar Covid-19.

Tim Matador terpaksa menggunakan tim U-21 di laga uji coba terakhir jelang persiapan menuju Euro 2020. Federasi Spanyol juga enggan mengambil risiko dengan memainkan tim senior.

Advertisement

Sebelumnya pihak federasi telah mengonfirmasi bahwa pertandingan ini akan dihitung sebagai “kontes yang dimainkan oleh tim senior”. “Terlepas fakta kami menurunkan tim U-21 dan adanya kejadian spesial yang mewarnai pertandingan ini. Laga akan dicatat sebagai pertandingan ke-715 dalam sejarah kami,” kata pernyataan resmi federasi sepakbola Spanyol.

BACA JUGA: Busquet Positif Covid-19, Spanyol Panggil Lima pemain Baru

Imbas dari dimainkannya tim muda, Spanyol pun ‘sukses’ menurunkan starting XI termudanya (22 tahun dan 102 hari) di semua kompetisi sejak September 2006 (24 tahun dan 71 hari melawan Bosnia pada November 2018, juga di bawah arahan Luis Enrique).

Di pertandingan semalam, Spanyol mencetak gol cepat di menit ketiga melalui bek milik Valencia, Hugo Guillamon. Di usianya yang baru 21 tahun dan 128 hari, Guillamon menjadi bek termuda yang menjaringkan gol untuk Spanyol sejak Sergio Ramos mengemas dwigol dalam kemenangan atas San Marino pada Oktober 2005 (19 tahun dan 196 hari).

Pemain Real Madrid yang dipinjamkan ke AC Milan musim lalu, Brahim Diaz, menambah keunggulan Spanyol di menit ke-24 setelah menuntaskan assist Gonzalo Villar. Gol yang dicetak Diaz tersebut sekaligus menutup babak pertama.

Di babak kedua, pasukan Luis Enrique mengemas gol ketiga lewat kreasi bek Juan MIranda. Bintang muda asal klub Real Betis itu sebelumnya dimasukkan saat jeda untuk menggantikan Marc Cuccurela.

Saat pertandingan tinggal menyisakan 18 menit, pemain pengganti lainnya yakni Javi Puado tak ketinggalan memperdaya kiper Tomas Svedkauskas seusai memaksimalkan assist Bryan Gil.

Berkat bantuannya tersebut, Opta mencatat Gil sebagai penyumbang assist termuda untuk Spanyol (20 tahun dan 117 hari) sejak September 2006. Gil hanya kalah dari Pedri (18 tahun dan 126 hari vs Kosovo pada 2021), dan Cesc Fabregas (19 tahun dan 125 hari vs Irlandia Utara pada 2006).

Setelah kemenangan ini, Enrique akan mengalihkan fokusnya untuk laga pembuka Euro 2020, dengan timnya dihadapkan Swedia di Estadio Olimpico de Sevilla, Selasa (15/6) dini hari WIB mendatang.

Spanyol kemudian akan menuntaskan perjuangannya di Grup E dengan melawan Polandia (20/6) dan Slowakia (23/6). (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo