Metropolis

Anggota BLUD DPD RI Dukung Pemerintah Punya RDTR

Pemerintah Kota Batam menerima kunjungan anggota BLUD DPD RI di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (10/6).

batampos.id – Pemerintah Kota Batam menerima kunjungan anggota BLUD DPD RI  guna mengetahui mengetahui gambaran tentang penerapan RTRW hingga dampak berkaitan produk hukum Peraturan Pemerintah (PP) nomor 21 tahun 2021 di daerah di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (10/6/2021).

Dalam kunjungan itu juga dibuka forum diskusi yang dipimpin langsung Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Wakil Ketua II BLUD DPD RI, dan Anggota BLUD DPD RI.

Wakil Ketua II BLUD DPD RI, A Hakim, menyampaikan, pihaknya tidak akan terlibat dengan peraturan daerah. Namun hanya memfasilitasi mempercepat pembentukan aturan daerah. Sebagai anggota BLUD pihaknya mendukung langkah Pemerintah Batam yang tengah menyiapkan RDTR.

Advertisement

“Kami ingin memastikan bahwa tindaklanjut tentang cipta kerja dan PP Nomor 21 tahun 2021 terkait dengan penataan ruang. Daerah dan Kabupaten kota telah sungguh-sungguh. Rencana Tata Ruang ini penting, mengingat data yang diperoleh sampai sekarang, tak lebih dari 60 kabupaten kota memiliki rencana tata ruang,” katanya.

Tata ruang ini, kata dia, sebuah pembangunan yang berkelanjutan harus menjaga ekosistem lingkungan dan menjaga keberlanjutan pembangunan masa depan. Sekaligus menjaga kepastian investasi.

“Sehingga ada kejelasan ruang-ruang mana saja yang diperbolehkan untuk investasi,” katanya.

Anggota DPD RI Dapil Kepri, Richard Hamonangan Pasaribu, mengapresiasi sambutan Pemko Batam. Ia melaporkan, dalam kunjungan tersebut pihaknya membawa 13 Anggota BLUD DPD RI.

“Terima kasih atas sambutan dan kiranya pertemuan ini berkah untuk kita semua,” katanya.

Richard menuturkan dengan adanya aturan baru ini tak perlu lagi melalui DPRD melainkan langsung ke eksekutif. Ia berharap RDTR nya sudah komperhensif kolektif.

“RDTRnya kalau boleh sudah bisa memecahkan masalah hutan lindunglah, kampung tua, pantai, reklamasi. Itu yang kita harapkan dan Pemko sudah responsif dan mudah-mudahan berjalan. Semoga pusat perhatikan. RTRW menjadi acuan,” katanya.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menyampaikan sejarah Kota Batam dan juga perkembangan ekonomi daerah yang kini tergerus akibat Covid-19, hingga penyelenggaran tata ruang di Batam.

“Kami menyambut baik kunjungan ini, semoga kehadiran rekan-rekan DPD RI menjadi harapan baru dalam memajukan Kota Batam,” kata Amsakar.

Saat ini Batam sudah mempersiapkan RDTR, dan sudah dibahas dan digambarkan kebutuhan fasilitas selama 20 tahun ke depan. RDTR akan mengatur wilayah mana saja yang cocok untuk investasi, perkantoran, sekolah, dan lainnya.

“Pak Suhar baru kembali dari Jakarta guna membahas soal RDTR ini. Intinya nanti ke depan Batam akan lebih baik karena sudah punya RDTR,” ujarnya. (*)

Reporter: Yulitavia
Editor: Chahaya Simanjuntak