Home

APINDO Minta BP Batam Segera Pastikan Operator SPAM

batampos.id – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta pemerintah segera memberikan kepastian terkait pengelolaan air bersih kota Batam. Pasalnya, aspek utilitas air bersih menjadi perhatian investor yang ingin masuk ke Batam.

“Karena masalah air ini masalah hajat hidup orang banyak yang juga berhubungan dengan penilaian investor untuk menanamkan modalnya di Batam,” ujar Ketua Apindo Batam, Rafki Rasyid.

Poppy, warga Batubesar, Nongsa, mencuci sayuran di rumahnya. F. Iman Wachyudi/Batam Pos

Batam telah mendapat citra positif terkait pengelolaan air bersih selama puluhan tahun belakangan. Pengusaha cukup puas dengan pelayanan air bersih di Batam. Relatif tidak ada keluhan yang berarti dari masyarakat dan pelaku usaha.

Advertisement

“Kecuali di beberapa daerah tertentu yang masih kita dengar dari masyarakat kalau air tidak mengalir sepanjang waktu,” ujarnya.

Karena itu, pelayanan air bersih kedepan harus lebih baik lagi. Mengingat pertumbuhan penduduk dan investasi yang kian tinggi mendorong tingkat kebutuhan air yang juga naik pesat. Apalagi, pertumbuhan sektor-sektor baru kian pesat di kota industri ini.

Kebutuhan air bersih juga meningkat di era new normal, karena kebiasaan sanitasi baru seperti mencuci tangan sesering mungkin mulai diterapkan. Untuk itu, kebutuhan air bersih yang terjamin kualitas dan kontinyuitasnya sangat dibutuhkan.

“Kita tidak mau lagi mendengar di masa depan bahwa ada waduk di Batam yang mengering karena hujan lama tidak turun di Batam. Perencanaan suplai air ini tentunya harus direncanakan dengan matang agar tidak terjadi lagi kekurangan pasokan air di masa masa mendatang,” ungkapnya.

Sehingga, Rafki berharap perusahaan yang kelak memenangkan lelang nanti merupakan badan usaha yang memiliki modal kuat dan mau berinvestasi untuk membenahi saluran air di Batam yang mungkin sudah waktunya dibenahi.

“Maksud dari berinvestasi ini untuk memastikan suplai air tetap memadai dan berkualitas. Jangan sampai nanti kita masih mendengar nantinya air yang sampai ke rumah rumah warga itu kurang bersih dan tekanannya lemah atau sering tidak mengalir. Inilah saatnya memilih pengelola air yang paling baik untuk Batam,” tutupnya. (*)