Bintan-Pinang

Awas…Ada Lubang Besar di Jalan Menuju Kampung Lepan, Lobam

Sekelompok anak berbondong-bondong melihat lubang menganga di jalan menuju Kampung Lepan, Kecamatan Seri Kuala Lobam, akibat jalan terkikis air saat hujan deras, Rabu (9/6). F.Slamet Nofasusanto

batampos.id– Lubang berdiameter lebih kurang 1 hingga 2 meter di jalan menuju Kampung Lepan, yang masuk dalam wilayah Desa Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan. Lubang menganga akibat jalan tanah yang terkikis karena tidak kuat menahan gerusan air hujan dan aliran air di sekitar bakau.

BACA JUGA: 10 Hari Jalani Isolasi Mandiri Baru Pasien Tahu Hasil PCR,  Rina Febriani: Penanganan Covid di Tanjungpinang Lambat

Pantauan di sekitar lokasi, terlihat ranting sebagai tanda diletakkan warga di sekitar lubang menganga agar orang yang melintas lebih berhati-hati. Selain itu, terlihat aliran air dari sekitaran bakau yang mengalir lumayan deras mengerus tanah jalan yang berlubang.

Advertisement

Seorang warga Adli menuturkan, lubang di jalan tersebut sudah seminggu terakhir. Namun, hujan deras, Rabu (9/6/2021), ukuran lubang yang semakin besar. “Sudah seminggu lubangnya, tapi tidak sebesar sekarang. Setelah hujan deras, lubangnya makin besar,” ujarnya.

Hal ini diaminkan warga Kampung Lepan, Hamdan. Dia mengatakan, jalan yang berlubang tersebut masuk dalam wilayah Desa Busung, namun sering dilalui masyarakat Kampung Lepan, Desa Kuala Sempang.

“Kejadian jalan berlubang sudah disampaikan ke kades dua wilayah, baik Kades Kuala Sempang dan Busung,” ujarnya. Dia mengatakan, warga akan memperbaiki jalan yang berlubang dengan peralatan seadanya. “Rencanannya, Jumat (11/6) masyarakat akan gotong royong memperbaiki sementara jalan yang berlubang,” katanya.

Dikatakannya, jalan tersebut dibangun sekira beberapa tahun terakhir. “Sebelum ditimbun dan dibangun, kalau hujan, jalan tergenang air. Pembangunan jalan sepertinya program pusat, bukan kabupaten,” ujarnya.

Kades Kuala Sempang, M Hatta mengatakan, sudah menerima laporan masyarakat terkait jalan berlubang. “Sudah kita laporkan ke kabupaten. Lokasi jalan berlubang masuk wilayah Desa Busung,” jelasnya. Sementara Kades Busung, Rusli membenarkan, jalan yang berlubang masuk wilayah Desa Busung. (*)

reporter: Slamet
editor: tunggul