Covid-19

Datang dari 3 Kota, BTKL-PP Batam Periksa 1.000 Sampel Usap per Hari

Petugas BTKLPP Kelas I Batam memeriksa sampel warga swab di ruang laboratorium BTKLPP Kelas I Batam di Sagulung, beberapa waktu lalu. (F. Dalil Harahap/ Batam Pos)

batampos.id – Pemeriksaan sampel swab di Balai Teknik Kesehatan Ligkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas I Batam mencapai 1.000 sampel setiap hari.

Sesuai wilayah kerjanya, sampel yang masuk di BTKL-PP Kelas I Batam berasal dari provinsi yakni Riau, Kepri dan Jambi, terdiri dari 30 kabupaten dan kota.

“Per harinya ada 1.000 sampel masuk. Jadi semua sampel yang dikirim harus kita periksa,” ujar Kepala BTKLPP Kelas I Batam, Budi Santosa Kamis (10/6/2021).

Advertisement

Sejauh ini, lanjutnya, pemeriksaan sampel wabah virus di BTKL-PP Batam berjalan lancar. Meskipun diketahui, satu unit alat pemeriksaan PCR mengalami kerusakan. Namun hal itu tak menjadi kendala.

“Sampai saat ini proses pemeriksaan sampel yang kita terima berjalan lancar,” ungkap Budi.

BTKL lanjutnya, saat ini memiliki lima alat PCR. Satu rusak dan satu lagi sedang perbaikan dan menunggu sparepart dari luar neger. Dikatakannya tidak ada kendala dari segi peralatan. BTKL PP Batam punya lima alat PCR, satu unit merupakan bantuan BNPB, satu unit PCR bantuan pemerintah.

Sebelumnya sudah ada 2 unit alat PCR milik BTKL melalui pengadaan sendiri ditambah 1 mobil laboratorium dari Kemenkes. BTKL-PP Batam setiap hari menerima sampel yang masuk dari wilayah Riau, Kepri dan Jambi. (*)

Reporter: Rengga Yuliandra
Editor: Chahaya Simanjuntak