Bintan-Pinang

Maksimalkan Pelayanan, Gubkepri Ingin Ada Kanwil PLN di Kepri

Bupati Lingga M Nizar saat meresmikan Listrik 24 jam di Desa Penuba, Dusun Pulau Lipan, Lingga. f.diskominfo Pemkab Lingga

batampos.id-Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kepri, Hendri Kurniadi mengatakan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad ingin memutus rentang kendali soal listrik di Provinsi Kepri. Karena Provinsi Kepri yang merupakan daerah kepulauan ideal untuk dibentuk Kantor Wilayah (Kanwil) PLN di Provinsi Kepri.

“Pak Gubernur memang minta PLN Kepri terpisah dari Provinsi Riau. Selain memangkas rentang kendali, tentunya lebih cepat dalam membuat kebijakan dan mengambil keputusan,” ujar Hendri Kurniadi, kemarin di Tanjungpinang.

BACA JUGA:Akhirnya Dusun Pulau Lipan Nikmati Listrik 24 Jam dan Air Bersih, Bupati Lingga: Terimakasih PDAM dan PLN

Advertisement

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Protokol Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, terkait keinginan ini sudah dibicarakan Gubernur dengan Pemerintah Pusat. Lebih lanjut katanya, tujuan dari keinginan tersebut adalah untuk lebih maksimal dalm pelayanan. Karena penganggaran Riau daratan dan Kepulauan Riau tentu jauh berbeda. Misalnya Rp1 miliar di darat capainnya berbeda dengan Rp1 miliar untuk daerah kepulauan.

“Rp1 miliar di pulau-pulau terluar kita rasanya belum akan bisa membuat jaringan yang melintasi laut antar kecamatan atau desa. Kami melihat Kepri layak untuk dibentuk Kanwil PLN Provinsi Kepri,” jelas Hendri.

Sementara itu, Legislator Komisi III DPRD Kepri, Irwansyah untuk percepatan pelayanan listrik di Provinsi Kepri. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Pusat harus berani membuat kebijakan strategis dengan membentuk kantor wilayah (Kanwil) tersendiri bagi Provinsi Kepri.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut juga menjelaskan, Provinsi Kepri merupakan daerah yang terbatas dengan rentang kendali. Karena 96 persen adalah lautan. Sehingga pelayanan kelistrikan menjadi indikator yang tak terpisahkan bagi kesejahteraan masyarakat.

“Masih banyak persoalan listrik di Provinsi Kepri yang harus dituntaskan. Untuk mempercepat pekerjaan itu, Kepri harus punya Kanwil PLN sendiri,” jelas Irwansyah.

Seperti diketahui, wacana pembentukan Kanwil PLN Provinsi Kepri ini sudah digaungkan sejak era Gubernur Kepri, HM. Sani. Baik pada priode pertamanya maupun priode keduanya. Namun hingga saat ini, salah satu mimpi besar tersebut masih urung terwujud. Karena rencana tersebut masih belum mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Pusat. Baik itu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral maupun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).(*)

Reporter: Jailani
editor: tunggul