Metropolis

Masuk Semester Ke-2, Serapan Anggaran Kota Batam Baru Capai 40 Persen

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad
foto: Cecep Mulyana

batampos.id – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, memasuki semester kedua 2021, serapan anggaran Kota Batam mencapai 40-50 persen, sedangkan pengerjaan proyek baru berjalan 60-70 persen.

Hal ini setelah beberapa waktu lalu, pihaknya menggelar rapat bersama untuk membahas serapan anggaran serta pengerjaan proyek fisik yang sudah berjalan sampai saat ini. Ia mendorong anggaran belanja pemerintah bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan.
“Untuk itu, kami ingin dinas terkait untuk memastikan pengerjaan proyek tidak ada kendala. Karena hal itu akan berdampak terhadap capaian serapan anggaran,” ujarnya, Kamis (10/6/2021).
Sesuai dengan arahan pusat, daerah diminta memantau dan memastikan serapan anggaran berjalan baik. Menurutnya jika pengerjaan sudah mencapai 70 persen artinya serapan anggaran sudah 50 persen. Hal ini perlu ditekankan agar capaian di akhir tahun ini sesuai dengan target.
Hal ini yang sama juga terjadi di APBD Batam yang masih jauh dari harapan. Di pertengahan tahun capaian masih di angka 20 persen. Karena dampak Covid-19 sektor penghasil yang selama ini menjadi sumber pendapatan Batam terjun bebas. “Seperti pariwisata yang masih megap-megap dan bertahan di tengah pandemi,” sebutnya.
Pemulihan ekonomi menjadi salah satu fokus pemerintah di tengah pandemi. Berbagai kebijakan diambil agar roda perekonomian tetap berjalan. Pada November nanti diharapkan proyek selesai sesuai dengan target. (*)

Reporter: Yulitavia
Editor: Chahaya Simanjuntak