Metropolis

Orangtua di Batam Keluhkan Lambannya Proses Verifikasi Data PPDB

Ilustrasi para orangtua calon siswa penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang protes akibat lambannya verifikasi data PPDB secara online. ( F Cecep Mulyana/Batam Pos)

batampos.id – Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2021-2022 tingkat Sekolah Dasar yang tengah berjalan di kota Batam masih bermasalah. Proses verifikasi data PPDB yang masuk belum berjalan normal sehingga dikeluhkan orangtua yang sudah mendaftar anaknya melalui website Disdik kota Batam.

Proses verifikasi masih belum juga selesai meskipun PPDB sudah memasuki hari ketiga. Banyak orangtua yang gelisah sebab, belum ada kepastian apakah berkas pendaftaran anak mereka diterima atau tidak.
“Hari pertama bermasalah dengan server untuk mendaftar. Hari kedua daftar bisa tapi verifikasi data tak bisa. Hari ini juga masih belum diverifikasi. Jadi kuatir saya karena kuota daya tampung sekolah ini terbatas,” ujar Safri, orangtua yang mendaftarkan anaknya di SDN 01, Sagulung, Kamis (10/6/2021).
Hal senada juga disampaikan oleh orangtua calon murid di kelurahan Tanjungriau yang mengaku belum bisa menerima hasil verifikasi data PPDB hingga siang kemarin. Perasaan mereka sama, kuatir anak mereka tak lolos di PPDB tersebut. Mereka berharap agar Dinas Pendidikan Kota Batam dan pihak sekolah secepatnya menyelesaikan persoalan ini.
Ketua Panitia PPDB SDN 01 Sagulung Yulisen saat dikonfirmasi mengakui, adanya keterlambatan proses verifikasi data PPDB tersebut. Itu karena sistem verifikasi dari Dinas baru aktif pukul 13.00 WIB, Rabu (9/6). “Baru bisa verifikasi kemarin siang. Yang mendaftar sudah berjubel jadi memang agak lambat,” ujarnya.
Senada disampaikan kepala SDN 13, Marina Imam Rasyid yang menuturkan, pihaknya menerima banyak komplain dari warga sekitar karena lambatnya proses verifikasi. “Makanya hari ini kita usahakan selesai. Karena sistem dari sana baru aktif kemarin siang,” ujarnya. (*)

Reporter: Eusebius Sara
Editor: Chahaya Simanjuntak