Metropolis

PPDB Batam Terganggu, Alasannya Verifikasi Butuh Waktu karena Operator Terbatas

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan. (F Cecep Mulyana/Batam Pos)

batampos.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Batam sudah menambah tiga link pendaftaran guna mempermudah orangtua dalam mendaftarkan anak-anak mereka, tapi tetap penerimaah peserta didik baru (PPDB) masih tetap terganggu. Saat ini berdasarkan data terbaru total pendaftar yang sudah diterima 8.202 calon peserta didik.

Kepala Disdik Batam, Hendri Arulan mengatakan, setelah tiga hari dibuka pendaftaran sudah mulai membaik. Panitia sudah membagikan dua link baru guna mempermudah pendaftaran.
“Untuk pendaftaran sudah tidak ada persoalan,  dari target anak usia 6-7 tahun yang mencapai 12 ribu lebih yang sudah terdaftar sudah berada di angka 8.202 anak,” kata dia saat dijumpai usai menghadiri acara di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (10/6/2021).
Hendri menjelaskan, setelah tahap pendaftaran, selanjutnya pihak sekolah akan melakukan tahap verifikasi. Proses ini cukup panjang, karena operator atau verifikator harus memverifikasi data seperti usia anak, jarak rumah, jalur yang dipilih, hingga kelengkapan berkas yang diunggah orangtua calon peserta didik.
Untuk satu sekolah memiliki dua sampai tiga operator sekaligus verifikator. Jumlah ini tidak sebanding dengan total berkas yang jumlahnya mencapai ratusan pendaftar. Untuk itu, operator membutuhkan waktu untuk menyelesaikan verifikasi berkas calon peserta.
“Berkas yang sudah diverifikasi operator sekolah lebih kurang 20 persen dari total pendaftar,” sebutnya.
Hendri mengungkapkan, panitia PPDB juga melayani keluhan yang disampaikan orangtua. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Ombudsman agar tidak ada hal yang dilewatkan selama PPDB ini. Adanya tambahan dua link pendaftaran sudah memberikan dampak sangat baik.
“Alhamdulillah untuk saat ini sudah bisa daftar semua. Di hari ketiga kendala pendaftaran terselesaikan dengan baik. Tinggal verifikasi dan pengumuman hasil PPDB nanti,” tambahnya.
Ia menyebutkan masih ada waktu hingga lima hari ke depan untuk pendaftaran siswa. Jadi orangtua yang belum sempat mendaftarkan anaknya masih ada waktu. “Kalau melihat hasil sementara, saya rasa sebelum waktu pendaftaran ditutup, semua calon peserta didik sudah masuk dan terdaftar semua,” ujarnya. (*)

Reporter: Yulitavia

Editor: Chahaya Simanjuntak