Total Football

Resmi! Maurizio Sarri Ditunjuk Pelatih SS Lazio

Pelatih baru SS Lazio Maurizio Sarri. (F. beIN Sport)

batampos.id – Pelatih legendaris Italia Maurizio Sarri akhirnya kembali ke lapangan hijau. Lazio secara resmi menunjuk Sarri sebagai pelatih baru menggantikan Simone Inzaghi yang hijrah ke Inter Milan.

Sarri sendiri sejatinya telah satu tahun menganggur. Penunjukan Sarri sebagai manajer diumumkan manajemen Lazio, Rabu (9/6) waktu setempat.

Lazio finis di peringkat keenam di kompetisi Serie A pada musim 2020/21 dan akan bermain di Liga Europa pada musim mendatang.

Advertisement

Perjalanan Sarri sebagai pelatih terkenal justru datang setelah ia berkarier sebagai pesepakbola semi-profesional dan, pada akhirnya, menjadi seorang bankir.

Sarri mengawali karier kepelatihannya pada 1990 di divisi bawah Italia, dan akhirnya bisa melatih Napoli pada 2015.

BACA JUGA: Simone Inzaghi Gantikan Peran Conte di Inter Milan

Selama di Napoli, Sarri diakui sebagai salah satu manajer terbaik di sepakbola Italia, dengan mendapat penghargaan sebagai Pelatih Terbaik Serie A Tahun Ini pada musim 2016/17.

Sarri mengembangkan gaya bermain yang dijuluki “Sarriball’, gaya menyerang yang dinamis berdasarkan penguasaan bola. Ia kemudian pergi ke London ketika ditunjuk sebagai manajer Chelsea, menggantikan Antonio Conte.

Sarri hanya satu musim di Inggris, dengan memenangkan Liga Europa, trofi pertama dalam kariernya, sebelum kembali ke Italia untuk melatih Juventus.

Namun, Sarri terbukti tidak begitu fit di Turin karena ia sekali lagi hanya bertahan satu musim, meski membawa Juventus memenangkan Serie A pada musim 2019/20. Sarri dipecat setelah klub tersingkir di babak 16 besar Liga Champions di tangan Lyon pada Agustus tahun lalu.

Pelatih berusia 62 tahun itu sempat “menganggur” selama satu tahun, sebelum akhirnya ditunjuk sebagai arsitek baru Lazio. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo