Karimun

Waspada DBD, di Karimun ada 96 kasus DBD, 1 Meninggal Dunia


Petugas dinas kesehatan melakukan foging beberapa waktu lalu. f.TRI

batampos.id – Pemerintah Kabupaten Karimun, saat ini sedang serius menangani pandemi Covid-19 dan vaksinasi secara masal. Namun, pengawasan dan pemantauan Demam Berdarah Dengue (DBD) juga tetap disejalankan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehata Karimun Rachmadi, Rabu (9/6/2021). ” Tetap, untuk kasus DBD kita pantau terus. Nah, ada kabar baik sekarang pengganti serbuk abate bisa menggunakan biolarvasida yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya.

BACA JUGA: Camat Moro Minta Warganya Terapkan Prokes dalam Kehidupan Sehari Hari dan Waspada DBD

Dimana, proses kinerjanya biolarvasida ini berbentuk cairan yang cukup mudah hanya diteteskan. Sehingga, lebih aman dengan sistem biologi. Dan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkannya bisa diambil di Puskesmas secara gratis.

Advertisement

” Mungkin serbuk abate ada di apotek masih ada. Nanti, masyarakat akan diajarkan bagaimana penggunaan biolarvasida,” terangnya.

Untuk jumlah kasus DBD sendiri hingga sekarang mencapai 96 kasus, apabila dibandingkan tahun lalu kasus DBD lebih rendah. Dimana, tahun 2020 lalu mencapai 400 kasus lebih yang paling tinggi. Namun, angka kematian tidak ada dan pada tahun ini menjelang hari raya ada satu orang yang meninggal dunia.

” Harus waspadalah. Walaupun, kasusnya sedikit tapi ada korban jiwa yang meninggal dunia,” ucapnya.

Masih kata Rachmadi lagi, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap memperhatikan lingkungan sekitarnya. Mengingat, DBD ini nyamuknya bersarang ditempat-tempat yang bersih. Sehingga, perlu dilakukan secara maratan untuk membersihkan tempat-tempat yang dicurigai bersarangnya nyamuk Aedes Aegypti merupakan jenis nyamuk yang membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

” Sekali lagi, saya himbau apabila ada gejala DBD. Segera lapor kepada petugas kesehatan terdekat, bila perlu dilakukan fogging,” pesannya. Sedangkan, wilayah yang tidak ada kasus DBD yaitu kecamatan Belat, Durai, Buru, Ungar, Kundur Utara desa Niur Permai kecamatan Moro.(*)

Reporter : TRI HARYONO
Editor : tunggul