Zetizen

Yuk Sterilkan Kucingmu!

Reporter : Diella Marfika Tama
Editor : Agnes Dhamayanti

Batampos.id – Setiap kita keluar rumah pasti kita menjumpai kucing-kucing liar tak bertuan. Tentu saat melihatnya timbul rasa iba. Entah ingin memberi makan dan minum, mengadopsi, atau membawanya ke klinik ketika kucing itu tampak lemah, ada juga yang ingin memandikan agar terlihat bersih.

Advertisement

Adapun keberadaan mereka kadang tidak dianggap bagi sebagian orang karena dianggap mengganggu, menjijikkan, mengotori dan suka mencuri makanan. Bahkan ada beberapa kasus kucing yang tewas dibunuh untuk dikonsumsi, hingga kasus dibunuh hanya karena merasa kesal telah mencuri sedikit makanan. Padahal kan mereka hanya mengambil sedikit makanan untuk kebutuhan hidup mereka yang keras di luar sana.
Untuk itu, muncullah sebuah statement bahwa steril itu dibutuhkan atau dengan kata lainnya ”pro steril”.

”Steril kucing sangat berdampak positif untuk kesehatan kucing, bisa mengurangi resiko kanker rahim, payudara, resiko infeksi rahim pada betina, dan mengurangi gejala marking pada jantan. Tanggapan pro steril sangat bagus karena membantu hewan untuk lebih sehat dan kontrol populasi,” kata drh. Al Khosim, Alumni Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor tahun 2011 dan Universitas Syiah Kuala Malaysia tahun 2017.

Yang pasti, menjadi dokter hewan yang sering menangani steril kucing ini ada suka dan dukanya. ”Duka saat mensterilkan hewan yaitu, orang kadang berpikir keberhasilan steril itu diproses operasinya, padahal bagaimana owner merawat pasca operasi juga sangat menentukan keberhasilan. Sedangkan sukanya itu ketika kita membantu kontrol populasi kucing yang ada terutama kucing domestik yang berkeliaran (stray cat).

”Pesan saya, kucing tanpa pemilik itu sangat bagus untuk di steril, apalagi jika kita punya kelebihan rezeki itu bisa dimanfaatkan untuk membantu steril kucing tanpa pemilik tersebut,’’ kata dokter Khosim lagi.
Steril sangat bagus sebagai solusi pengendalian populasi stray cat, dan mengurangi konflik antara manusia dengan kucing.

’’Kita harus melihat sesuatu itu secara objektif bukan subjektif. Lebih baik mensterilkan kucing liar lalu melepaskannya ke habitat awalnya daripada kita merawatnya dengan kurang baik seperti hanya penampungan saja, ’’ ujarnya.

Jika kamu berniat mensterilkan kucing, dokter Khosim membuka layanan di Royale Petshop Batam lho! 2 shift, yaitu shift pagi jam 09.00 – 13.00 wib, dan shift sore : 16.00 – 20.00 wib (libur di hari Jum’at dan hari libur nasional). Lokasinya di Ruko Trikarsa Ekualiata Blok J No.10 Pasir Putih (samping Indomaret Pasir Putih Carnival Market).

Mengenai kucing terlantar ini, ada beberapa komunitas pecinta kucing terkhusus di Batam yang menjadi wadah bagi orang-orang yang ingin menghibahkan kucingnya karena suatu alasan demi menghindari resiko terlantar, ada juga yang menawarkan over adop bagi yang telah menemukan kucing terlantar di suatu tempat, sampai petshop-petshop yang menawarkan jasa hingga produk terkait kebutuhan kucing. Salah satu komunitas itu ialah Cat Lover Batam (CLB).

’’Komunitas ini terbentuk pada tanggal 7 Juli 2019. Adapun motivasi terbentuknya komunitas ini sebagai sarana atau wadah yang awalnya dari para pecinta kucing jalanan dan beberapa rescue mandiri agar bisa terjalin silaturahmi sesama pecinta kucing,’’ ujar Muhammad Rusdi Lubis, Ketua Komunitas Cat Lover Batam.

Dan ada juga, tambah Rusdi, beberapa member yang tidak memiliki kucing tapi hanya rajin berkeliling memberi makanan dan merawat kucing yang dilaluinya. Kegiatan yang sudah dilaksanakan komunitas ini antara lain street feeding bersama yang dilakukan di SP Batu Aji sebagai titik kumpul dan seluruh Batuaji sebagai lokasi pemberian makan dan untuk menandai titik-titik di mana kucing liar sering berkumpul, melakukan gathering dan beberapa penyelamatan kucing yang mungkin terluka dan butuh pertolongan.

Komunitas ini juga memiliki grup WhatsApp sebagai wadah yang intens untuk bertanya, media edukasi serta bagi yang ingin menjual beberapa kebutuhan kucing.

”Saya hanya berharap agar pemerintah bisa lebih membantu para komunitas-komunitas baik yang di Batam ini (sosial) bukan hanya manusia tapi juga hewan, karena bagi kami ataupun pecinta kucing mana pun, sakit kucing ya sakit kami juga. Pertolongan kami pada stret cat belum bisa dilakukan dengan maksimal karena biaya dari pribadi kita yang kita sisihkan,” pesannya. **

  1. Pastikan kucingnya sehat. Untuk menjamin kesehatannya, paling bagus divaksin terlebih dahulu agar lebih kebal terhadap virus (sekalipun terawat di dalam rumah) dan hidupnya bisa lebih lama.
  2. Puasakan kucing terlebih dahulu. Tidak dikasih makan dalam 4-8 jam, minum diperbolehkan, tapi puasa tanpa minum juga lebih bagus.
    3. Ada baiknya kucing dimandikan supaya lebih bersih.

 

Siapa bilang street cat yang kebanyakan kucing dom itu nggak bisa cakep setelah diadopsi? Nih liat, Cakep kok!
Ilustrasi :

 

“Jadi Gembul setelah Steril”

Reporter : Diella Marfika Tama
Editor : Agnes Dhamayanti

Jika punya jiwa pecinta kucing, pastinya kita sebagai owner mau yang terbaik untuk kucing kita. Salah satunya yaitu steril. Steril ini banyak manfaatnya, bahkan bisa membuat kucing kita semakin gembul gemes lhoo! Saat Steril, pastinya kucing kita akan dibius agar ia tidak merasakan sakit saat operasi. Nah, efek bius ini biasanya akan awet sedikit lebih lama setelah operasi hingga kita bisa melihat kondisi kucing kita seperti mabuk dan goyang saat berjalan. Terutama bagi kucing jantan yang masih sanggup berjalan, pasti lucu kan! Mari kita dengar cerita lucu teman-teman kita saat melihat kucingnya paska operasi steril ini yuk! (*)

F. Dok. Pribadi

Salsa Putri Nabila M
Politeknik Negeri Batam
@chachagiya

Jadi kucing aku namanya Gery, waktu umur 2 tahun disteril nih. Sebelum disteril badannya udah gemuk banget. Gery sendiri dari awal diadop belum pernah kawin sama kucing manapun. Karena Gery kucing rumahan.

Jadi waktu Gery dibawa ke vet buat disteril dia kalem banget ga tau bakal disteril. Terus pas udah selesai operasi, dia jadi lemes banget. Pas dibawa pulang ke rumah cuma tidur doang. Terus ga banyak gerak. Sempet mabuk dikit mungkin karena abis dibius kali yah. Lumayan ga mau makan juga. Tapi untungnya efek operasi/bius nya ga lama. Setelah disteril, Gery makan jadi banyak banget dari yang biasanya. Terus sering tidur juga. Satu hari cuma dipake buat makan terus tidur berjam-jam. Gara gara itu berat Gery jadi naik. Gery juga jadi pemalas sejak disteril. Tapi untungnya dia masih kalem sih ga banyak tingkah hehe. (*)

F. Dok. Pribadi

Doris Salsa Alisia
SMK Kartini Batam
@doriissalsaa

Waktu itu abis steril anabul saya MengMeng, dia jadi anteng banget pendiem. Hari pertama-ketiga nafsu makan masih belum ada, tapi setelah beberapa hari, nafsu makan mulai normal lalu udah mulai aktif lagi.

Setelah beberapa minggu anabul saya mulai kelihatan berisi banget gembul-gembul dan pastinya lebih sehat. Anabul saya juga jadi jarang main keluar rumah mentok-mentok di pekarangan rumah aja, gak pernah main jauh-jauh. Sebelum disteril, kucing saya sering luka-luka karena kelahi dan merebutkan wilayah, tapi setelah steril jangankan kelahi, toh keluar rumah juga jarang. Pokoknya steril itu bagus untuk kucing apalagi kucing jantan. (*)